Skin Barrier-mu Rusak? Segera Atasi dengan 5 Tips Berikut!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, tahukah bahwa kulit kita terdiri dari beberapa lapisan salah satunya skin barrier atau pelindung kulit. Seperti namanya, skin barrier berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, polutan, bakteri, hingga zat kimia berbahaya.

Rusaknya skin barrier biasanya ditandai dengan kulit kering, kasar, bersisik, bersisik, mengelupas dan terasa seperti ditarik kencang. Tanda lainnya juga termasuk kulit jadi kemerahan dan gatal-gatal.

Apakah Sahabat Muslimah sedang mengalaminya sekarang? Kalau iya, maka harus diatasi sesegera mungkin.

Berikut ini Muslimahdaily rangkumkan tips mengatasi skin barrier yang rusak dilansir dari laman HerStory. Yuk simak!

1. Rutin menggunakan sunscreen

Ketika skin barrier rusak, kulit akan lebih sensitif serta kehilangan pelindungnya. Nah di saat inilah, penting bagi kamu untuk rutin mengunakan sunscreen untukmelindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Gunakan sunscreen baik saat berkegiatan di luar ruangan ataupun saat di rumah saja. pastikan juga kamu re-apply lagi sunscreen-mu tiap 3 jam sekali ya.

2. Gunakan produk kaya antioksidan

Produk skincare yang mengandung antioksidan sangat penting untuk mengembalikan skin barrier yang rusak. Pasalnya, antioksidan biasnaya juga berfungsi sebagai anti-inflamasi sekaligus melindungi kulit dari antioksidan.

Pilih produk dengan zat Vitamin A, C, E atau ekstrak green tea sebagai antioksidan untuk mengatasi skin barrier yang rusak, ya.

3. Kembali ke skincare routine dasar

Menurut ahli, tahapan skincare yang rumit justru akan beresiko merusak skin barrier. Bisa jadi karena terlalu banyak bahan yang berfungsi sebagai eksfoliator seperti toner dan scrub yang berlebihan.

Saat skin barrier rusak, cobalah untuk mengurangi tahapan skincare dan kembali ke tahapan dasar. Kurangi penggunaan produk yang mengandung astringent dan scrub.

4. Hidrasi kulit dengan baik

Skin barrier yang rusak cenderung sulit untuk menghidarasi sendiri. Oleh sebab itu, sering kali ditandai dengan kulit yang terlihat keirng dan kusam. Oleh karen itu, kamu dapat membantu menghidrasi kulit dengan cara memakai moisturizer yang tepat.

5. Ubah pola makan

Kesehatan kulit juga berkaitan erat dengan pola makan, lho Sahabat Muslimah. Untuk mengembalikan skin barrier yang sehat, berarti kamu juga harus menerapkan pola makan yang sehat. Pastikan untuk menjaga pola makan agar tidak berantakan, ya.

Itu tadi beberapa tips untuk mengatasi skin barrier yang rusak. Semoga membantu!

Leave a Comment