5 Tips Ampuh Mengatasi Jenuh dan Stres Saat Pandemi

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Setelah sempat dilonggarkan, pemerintah kembali memberlakukan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah wilayah. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yang hingga saat ini belum terlihat akan mereda. 

Kembalinya masa-masa self-quarantine ini pasti membuat sebagian orang merasa makin jenuh dan stres. Namun tak perlu risau, karena kali ini Muslimahdaily telah merangkum tips mengatasi stres kala pademi untuk Sahabat Muslimah. 

Melansir dari laman Psychology Today, yuk simak tipsnya berikut ini!

Mengatur Rasa Takut dan Cemas

Perlu diketahui bahwa rasa takut dan cemas adalah hal yang wajar dialami manusia. Terlebih lagi pada masa pandemi seperti ini, kecemasan akan kesehatan keluarga, diri sendiri hingga pekerjaan sering kali mendominasi pikiran kita.

Menurut profesor epidemiologi psikiatrik di Harvard TH Chan School of Public Health, Karestan Koenen, Ph.D, stres menghadapi pandemi dalam jangka panjang juga dapat memicu gangguan stres pascatrauma (PTSD). Untuk menghindari hal ini, maka penting untuk meregulasi diri dengan cara menenangkan diri, salah satunya dengan mengalihkan fokus terhadap rutinitas sehari-hari.

Menerapkan pola hidup sehat

Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kesehatan diri. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dapat dimulai dengan mengatur pola makan, olahraga dan menjaga pola tidur.

Pola hidup yang dipenuhi hal-hal positif ini akan memberikan sedikit peluang untuk datangnya hal-hal negatif. Dengan begitu, selain tubuh yang sehat, jiwa yang kuat juga akan kamu miliki.

Kerjasama anggota keluarga

Masa pandemi seperti ini kerap kali mengarahkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih emosional, terutama pada anak-anak. Mereka sering kali merasa cemas, bingung bosan karena ruang gerak yang terbatas.

Perlu adanya kerjasama untuk memberi dukungan satu sama lain. Caranya beragam, bisa berbentuk validasi dan mengapresiasi hal-hal kecil yang dilakukan Selain itu, melakukan rutinitas bersama seperti menonton film dan membersihkan rumah bersama juga akan mengurangi rasa jenuh dan cemas. 

Bersosialisasi dengan teman dan kerabat

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita butuh bersosialisasi. Walaupun kita menerapkan physical distancing, bukan berarti komunikasi juga dibatasi. Melakukan video call dengan teman, keluarga dan kerabat dekat adalah kunci untuk menjaga hubungan baik. Selain itu, hal tersebut bisa menyadarkan sekaligus memberikan kekuatan bahwa kita tidak sendirian mengalami situasi ini.

Semoga tips di atas berguna untuk menjaga hari-hari Sahabat Muslimah agar tetap semangat. Stay safe!

Leave a Comment