Hati-hati! 5 Produk Kecantikan Ini Tak Boleh Dipakai Setiap Hari, Lho!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, menggunakan skincare memang harus rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi tahukan Sahabat Muslimah, bahwa ada beberapa produk skincare yang justru enggak boleh dipakai setiap hari. Pasalnya, jika terlalu sering, justru akan merusak kulit, nih.

Nah, apa saja produk tersebut? Melansir dari laman HerStory, yuk simak rangkumannya berikut ini!

1. Produk skincare yang mengandung retinol

Utamanya, retinol berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Di samping itu, retinol juga mampu meningkatkan produksi kolagen meregenerasi kulit, hingga sebagai antioksidan.

Walau punya banyak manfaat, retinol ternyata tidak boleh digunakan setiap hari, lho Sahabat Muslimah. Pasalnya, retinol mengandung efek samping karena kandungan di dalamnya yang terlalu keras dan belum tentu cocok terutama untuk kulit sensitif.

Retinol umumnya hanya boleh digunakan dua kali dalam seminggu. Jika terlalu sering, biasanya akan timbul reaksi seperti breakout, kulit terasa terbakar, hingga mengelupas. sebelum memutuskan untuk menggunakan retinol, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu, ya.

2. Petroleum Jelly

Sejatinya, petroleum jelly merupakan campuran setengah padat hidrokarbon. Fungsi utama petroleum jelly sebenarnya adalah untuk melembabkan kulit serta mengatasi area kulit yang iritasi.

Cara kerja petroleum jelly adalah dengan menciptakan laposan yang mengunci kelembapan, sekaligus mencegah udara dan kelembapan lain masuk. Jika digunakan setiap hari, justru akan membuat kulit semakin kering.

3. Lipmatte

Produk pewarna bibir yang satu ini memang digandrungi para wanita karena menciptakan kesan matte yang cantik. Selain itu juga, banyak juga lipmatte yang bersifat waterproof sehingga dapat tahan seharian.

Di samping itu, lipmatte justru menyerap kelembapan dan membuat bibir kering saat digunakan. Jika terlalu sering digunakan, maka lama kelamaan bibir bisa jadi kering dan kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan Sahabat Muslimah memakai lipbalm sebelum menggunakan lipmatte dan membersihkan sampai tuntas sebelum tidur.

4. Primer

Mirip halnya dengan petroleum jelly, primer yang berbahan dasar silicon ini berguna untuk menutup permukaan kulit. Sehingga saat primer digunakan, kulit tampak halus sekaligus menutup pori-pori.

Namun, justru karena fungsinya tersebut, primer juga akan menahan keringat dan minyak yang akan menyebabkan jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya gunakan primer di saat-saat tertentu, seperti acara istimewa saja. Pastikan juga pembersih wajah dapat mengangkat sisa primer di wajah secara menyeluruh, ya.

5. Cleansing brush

Banyak orang yang memilih menggunakan cleansing brush karena dianggap lebih maksimal untuk membersihkan wajah. Meski memiliki sikat yang lembut, tetapi pemakaian cleansing brush setiap hari beresiko membuat kulit kering, radang, dan berjerawat. Sahabat Muslimah dapat menggunakan clansing brush 2 kali dalam seminggu.

6. Eksfoliator seperti scrub dan peeling

Sama halnya dengan cleansing brush, eksfoliator seperti scrub dan peeling sebaiknya tidak digunakan setiap hari.

Fungsinya memang untuk mengangkat kulit mati yang menjadi sumber kulit kusam, tetapi jika terlalu sering digunakan malah akan membuat iritasi, dan mengikis laposan kulit epidermis. Selain itu juga, dapat beresiko mengikis habis sebum alami yang diproduksi kulit sehingga dapat menimbulkan breakout.

Sahabat Muslimah cukup gunakan produk eksfoliator seperti scrub dan peeling satu kali dalam seminggu, ya.

Itu tadi beberapa produk skincare yang sebaiknya enggak digunakan setiap hari. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment