5 Tips Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Salah satu masalah rambut yang sering dialami perempuan adalah rambut bercabang. Walaupun terkesan sepele, rambut bercabang yang tidak segera diatasi akan memicu kerusakan lain pada rambut, lho.

Nah, jika Sahabat Muslimah sedang mengalami rambut bercabang, yuk segera atasi dengan beberapa tips berikut ini. Merangkum dari laman HerStory, simak tipsnya berikut ini.

1. Mengganti produk sampo dan kondisoner

Salah satu penyebab rambut bercabang adalah salah memilih produk sampo dan kondisioner. Produk perawatan rambut terkadang mengandung bahan seperti alkohol yang membuat rambut jadi kering dan rusak. Sebagai langkah awal, Sahabat Muslimah sebaiknya mengganti kedua porduk tersebut dan memilih produk baru yang lebih terpercaya.

2. Menggunakan serum untuk rambut bercabang

Cara selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan serum. Kandungan yang terdapat dalam serum berfungsi untuk menutrisi dan mengembalikan kesehatan rambut. Oleh karena itu, tak hanya mengatasi rambut bercabang, serum juga akan membuat rambut lebih sehat.

3. Treatment menggunakan bahan alami

Jika lebih memilih untuk melakukan treatment sendiri yang lebih mudah, maka Sahabat Muslimah dapat membuat masker rambut. Manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah seperti coconut oil, madu, dan olive oil.

Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan langsung salah satu zat di bagian ujung rambut yang bercabang. Tunggu beberapa menit kemudian bilas. Gunakan masker rambut ini secara rutin dan penuh kesabaran karena bahan alami tidak menunjukkan hasil instan.

4. Mengganti gaya rambut atau memotong ujungnya

Cara pertama yang dapat Sahabat Muslimah coba adalah dengan memotong ujung rambut. Potong tepat di atas bagian rambut yang bercabang sehingga mengurangi munculnya rambut bercabang baru.

Di samping itu, rambut mamang disarankan dipotong secara teratur setiap 6-8 minggu sekali. Daripada memotong ujung rambut, nggak ada salahnya sekalian memotong rambut dan memilih penampilan baru, kan?

5. Velaterapia atau candle cutting

Velaterapia atau candle cutting mulai populer saat seorang supermodel Alessandra Ambrosio mengunggah foto seorang hairdresser memegang lilin ke arah rambutnya. Istilah ini memang masih asing di telinga masyarakat. Walau demikian, metode ini dapat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rambut yang bercabang.

Metode velanterapia ini dilakukan dengan cara memilin rambut lalu membakar setengahnya menggunakan lilin. Dengan membakar ujung rambut, dipercaya dapat menyegel dan melindungi bagian ujung tersebut agar tidak mudah terbelah.

Itu tadi beberapa tips untuk mengurangi rambut bercabang. Semoga membantu.

Leave a Comment