Masya Allah, Ini Dia 3 Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Shalat merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus dijalani. Setidaknya seorang muslim harus mendirikan 5 kali shalat dalam satu hari. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat shalat ternyata bukan sembarangan, lho.

Selain mengandung makna tersirat yang berkaitan dengan Allah, gerakan shalat ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental seseorang. Apa saja gerakan tersebut? Yuk simak rangkumannya berikut ini!

Daya Konsentrasi Terlatih dengan Baik

Ketika seseorang shalat, pastinya lisan, badan, dan pikiran terlibat secara bersamaan. Ketika kita mengucap takbir, pikiran memberi sinyal untuk mengangkan kedua tangan serentak secara bersamaan. Hal ini pastinya membutuhkan fokus yang baik untuk menyeimbangkannya.

Melansir dari Psychology Today, konsentrasi akan didapat ketika kita menaruh fokus dengan baik terhadap apa yang kita lakukan. Jadi, jika kita rajin shalat, maka fokus dan daya konsentrasi kita dapat terlatih dengan baik.

Meningkatkan Daya ingat

Sahabat muslimah, shalat adalah kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang, bukan? Dalam satu kali shalat, sudah berapa gerakan yang kita ulangi di setiap rakaatnya? Dan kita melakukannya sebanyak 5 kali dalam sehari. Hal ini tentunya sangat berdampak pada kekuatan daya ingat kita.

Mengutip Psychology Today, besar sebuah ingatan tergantung dari seberapa sering kita melakukannya. Jadi, rajin shalat tak hanya memberikan pahala yang besar, melainkan juga meningkatkan daya ingatan kita.

Meningkatkan pikiran yang positif

Bacaan yang kita baca dalam setiap gerakan shalat mengandung kata-kata baik sekaligus juga pujian kepada Allah Ta'ala. Dengan memuji Allah, secara tak langsung kita senantiasa mengucap kata-kata baik sekaligus mengarahkan kita untuk terus berprasangka baik. Mengutip dari laman Psychology Today, mengingat kata-kata yang mengandung arti baik dapat meningkatkan pikiran yang positif. Dengan begitu, rasa stres akan berkurang.

Rupanya dengan Shalat kita bisa meningkatkan kesehatan mental dengan baik. Terlebih lagi, di saat pandemi seperti ini, melatih pikiran untuk tetap tenang dan berprasangka baik tidaklah mudah. Yuk perbanyak shalat! InsyaAllah pikiran bisa menjadi tenang dan damai. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment