×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Benarkah Berbenah Dapat Mengurangi Stres?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Melakukan pekerjaan rumah memang merupakan salah satu kegiatan yang cukup menguras tenaga. Mulai dari menyapu, mengepel, membereskan pakaian yang menumpuk, menata ruangan dan kegiatan lainnya. Namun, tahukah kamu setelah banyaknya waktu dan fisik yang terkuras saat bebenah, ada manfaat baik yang akan kamu dapatkan setelahnya.

Selain rumah yang tertata rapih, bebenah juga sangat berguna untuk kesehatan mental dan menurunkan menurunkan tingkat stress kamu. Hal ini terbukti dalam sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Personality and Social Psychology Bulletin. Penelitian itu mengungkapkan bahwa wanita yang rumahnya bersih dan tidak berantakan ternyata ia memiliki hormon stres, yaitu kortisol, yang lebih rendah.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena rumah yang rapih dan bersih dapat membuat pikiran kamu menjadi tenang, fokus dan senang.

Lain halnya dengan rumah yang berantakan. Banyaknya tumpukkan cucian, rumah yang kotor dan barang-barang yang berserakan di lantai pasti akan semakin terasa menyebalkan yang pastinya membuat kamu stres. Hal ini dibuktikan para peneliti dari Universitas Princeton pada tahun 2011 yang menemukan bahwa rumah yang kotor atau berantakan dapat membuat seseorang lebih sulit fokus pada tugas-tugas tertentu.

Sementara itu, mengutip dari Verywellmind, berbenah rumah juga bisa membuat kamu keluar dari masalah stres. Bukankah kamu merasa lega ketika sesi membersihkan rumah berakhir? Melihat rumah yang bersih, wangi dan tertata meningkatkan rasa senang dan kepuasan tersendiri. Nah, hal tersebut menjadi teknik kamu dalam mengatur stres itu.

Selain itu, membersihkan rumah tergolong sebagai olahraga juga, lho. Aktivitas naik turun tangga, melakukan gerakan berulang-ulang, menyapu, mengepel, dan mencuci piring kotor dapat membakar kalorimu. Sehingga, hormon endorfin dapat dilepaskan dan kamu akan merasa senang.

Dengan berolahraga, secara otomatis organ di dalam tubuh akan bekerja, seperti otot menegang, tekanan darah meningkat, serta irama jantung bertambah cepat. Hal inilah yang membuat seluruh hormon dan saraf akan menjadi normal kembali.

Jadi mulai dari sekarang, yuk jadwalkan aktivitas berbenah secara rutin dan menyeluruh untuk mengurangi tingkat stres. Semoga bermanfaat.

Last modified on Jumat, 02 Oktober 2020 15:18

Leave a Comment