Kulitmu Sensitif? Jangan Lewatkan 3 Tips Ini Sebelum Membeli Sabun Mandi

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Salah satu hal yang wajib dipertimbangkan saat kita akan produk skincare adalah masalah kandungan di dalamnya. Usahakan memilih produk yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Namun, tak hanya sebatas produk skincare untuk wajah saja, produk perwatan tubuh lainnya pun layak jadi perhatian.

Salah satunya adalah sabun, karena produk ini akan selalu kita pakai setiap harinya, maka penting bagi kita untuk selalu memperhatikan bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Terlebih yang memiliki kulit sensitif.

Nah, berikut 3 hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli sabun mandi, dilansir dari laman Journal Sociolla:

1. Mengandung Pelembab

Beberapa dari kita mungkin suka mandi dengan air hangat. Hal tersebut ternyata dapat membuat kulit menjadi kencang dan juga kering lho. Dengan begitu, penting untuk menghindari kebiasaan yang membuat kulit kita kering.

Untuk menguranginya, kita perlu menghidrasi sekaligus melembabkan kulit tubuh dengan sabun mandi yang mengandung moisturizer. Sebagai contoh, pilih sabun mandi yang memiliki formula creamy dan diperkaya nourishing oil.

2. Mengandung Hypoallergenic

Kulit sensitif biasanya lebih mudah mengalami alergi terhadap kandungan tertentu. Maka, dainjurkan untuk memilh produk kecantikan yang mengandung hypoallergenic.

Istilah tersebut menyatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam suatu produk tidak akan memberikan reaksi alergi seperti gatal hingga kemerahan.

Nah, biasanya produk kecantikan yang mengandung hypoallergenic tidak memiliki wewangian. Jadi, perhatikan pada sabun mandi yang akan kita beli ya, apakah ada kandungan hypoallergenic atau tidak.

3. Tanpa Alkohol dan Pewarna Tambahan

Kandungan alkohol pada produk perawatan kulit tentunya akan memberikan dampak negatif untuk kulit sensitif. Sebab, alkohol dapat membuat kulit menjadi kering, menimbulkan rasa ketarik dan kemerahan.

Tak hanya itu, produsen biasanya menambakan pewarna tambahan atau artificial colors untuk membuat tampilan produknya semakin menarik.

Pewarna buatan biasanya terbuat dari mineral batubara atau petroleum yang terkontaminasi dengan logam berat seperti timah dan arsenik. Tentu saja zat tersebut sangat berbahaya bagi kulit. Jadi, yuk lebih cermat dalam memilih sabun mandi!

Nah itu dia 3 tips yang perlu kita perhatikan sebelum membeli sabun mandi. Semoga bermanfaat!

Last modified on Senin, 05 Oktober 2020 16:47

Leave a Comment