5 Tips Mencuci Brush Makeup Agar Bersih dan Awet

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Kuas makeup merupakan salah satu beauty tools yang rutin digunakan hampir setiap hari. Agar kebersihannya selalu terjaga, Sahabat Muslimah tentu harus rutin mencucinya. Karena jika tidak, kuas bisa jadi sarang bakteri dan menyebabkan kulit berjerawat atau mengalami breakout.

Walau terkesan sepele, membersihkan kuas dengan cara yang dapat memicu banyak masalah. Mulai dari sarang bakteri hingga cepat rusak. Nah, agar tidak terjadi hal demikian, yuk simak 5 tips mencuci brush makeup yang Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

1. Cuci dengan sampo atau sabun yang kandungannya lembut. Misal, produk bayi.

Cucilah kuas make up pada air mengalir. Putar kuas makeup agar kamu dapat mencucinya dengan rata. Saat mencuci, tuangkan beberapa tetes cleanser pilihanmu. Lalu, tekan-tekan bulu kuasnya sampai semua residu makeup keluar.

2. Menggunakan sabun cici piring atau sabun cuci muka.

Selain sampo atau sabun bayi, Sahabat Muslimah juga bisa menggunkana sabun cuci piring, lho! Gunakan satu cangkir air dan beberapa tetes saja saat menggunakannya. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci muka yang sedang kamu pakai.

3. Bilas dengan air bersih dan baringkan kuas makeup sampai kering.

Usai memastikan proses mencucinya sudah efektif, kamu perlu mengeringkan kuasnya dengan benar juga, lho! Peras kuas makeup di handuk bersih sampai gak ada sisa air yang menempel.

Lalu, tekan-tekan permukaan bulunya agar bentuk kuas makeup kembali seperti semula. Terakhir, baringkan kuas makeup dengan bristle kuas yang mengarah ke ujung meja. Posisi ini bisa membuatnya kering dengan sempurna.

4. Bersihkan secara rutin dalam hitungan minggu dan mencucinya dalam hitungan bulan.

Beri jadwal mencuci kuas makeup biar kamu nggak mudah lupa. Sahabat Muslimah bisa memulainya dengan membersihkan residu makeup setiap minggu, apalagi bila kuas tersebut digunakan setiap hari. Selain itu, lakukan deep cleansing dengan cara mencucinya satu kali dalam sebulan.

5. Perhatikan kuas makeup sudah harus diganti atau belum.

Untuk kuas yang berbahan sintetik, hal ini ditandai dengan permukaan bulu kuas yang miring, rontok, atau berkumpul (clumpy). Karena itu, penting banget buka membeli kuas makeup yang berkualitas dan menjaganya dengan baik pula.

Itu dia 5 tips mencuci kuas makeup yang perlu kamu tahu! Semoga membantu!

Leave a Comment