Jangan Sepelekan Lagi! 7 Kesalahan Saat Makeup Ini Dapat Menyebabkan Jerawat

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Jerawat sering kali muncul tanpa sebab. Walau demikian, umumnya jerawat muncul karena pola makan dan pola tidur yang buruk. Tak jarang juga disebabkan karena penggunaan produk skincare dan makeup yang salah hingga karena faktor cuaca. 

Penyebab lainnya adalah kesalahan saat kita mengaplikasikan makeup. Kebiasaan-kebiasaan buruk ini dapat berdampak bahaya walaupun mungkin terlihat sepele. Sebut sahja kuas yang kotor atau tidak mencuci muka secara maksimal sebelum makeup.

Maka dari itu, Muslimahdaily sudah merangkum 7 kesalahan yang masih sering dilakukan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Dilansir dari laman Insider, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Tidak Mencuci Muka Sebelum Makeup

Pastikan mencuci muka sebelum kita memulai mengaplikasikan produk makeup. Karena ini akan menghilangkan kotoran atau minyak yang sebelumnya menumpuk di wajah.

Dr. Joshua Zeichner, direktur Penelitian Kosmetik & Klinis di Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai memberikan saran untuk membersihkan muka menggunakan pembersih berbasis asam salisilat agar menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel mati dari permukaan.

2. Tidak Rutin Membersihkan Kuas Makeup

Kuas makeup yang selalu kita gunakan mengandung semua jenis bakteri, minyak, dan kotoran yang menumpuk dan bisa merusak kulit jika tidak dibersihkan secara rutin. Cristina Bartolucci, makeup artist dan pendiri kosmetik alami PEEK Beauty mengatakan bahwa kita harus merawat kuas makeup layaknya merawat rambut sendiri.

“Cuci dan beri kondisioner seminggu sekali. ini akan menahan beban bakteri,” jelasnya. Untuk spons sendiri, sebaiknya dicuci dengan sabun dan air panas kemudian peras sampai airnya jernih.

3. Menyimpan Kuas di Bagian Bawah Pouch Makeup

Membersihkan kuas secara teratur akan menjadi sia-sia jika tidak disimpan dengan baik setelahnya. Penting bagi kuas untuk ‘bernapas’ setelah dibersihkan, maka dari itu jangan taruh di bagian bawah pouch makeup kita. Hal yang lebih baik dilakukan adalah kuas disimpan terpisah dari makeup sehingga kuas mendapat banyak ruang.

4. Menggunakan Jari Untuk Mengaplikasikan Makeup

Memang harus diakui, jari kita sangat mudah untuk membuat tampilan makeup lebih sempurna. Tapi jika tidak mencuci tangan sebelumnya maka akan memindahkan bakteri dan kotoran yang ada di tangan ke wajah.

“Jari-jari kita membawa banyak kuman dan dapat mengiritasi kulit jika merias wajah menggunakan tangan,” jelas Craig Austin, MD, seorang profesor klinis di bidang dermatologi dan dermatopatologi di Mount Sinai Medical School.

Pilihan terbaiknya tetap spons dan kuas selama keduanya juga bersih saat digunakan. Dan hindari menggosok atau menarik-narik kulit secara agresif karena akan menyebabkan iritasi terutama di area yang rentan berjerawat.

5. Menutupi Jerawat Dengan Menggunakan Foundation Secara Berlebihan

Ketika muncul jerawat, tentunya hal ini membuat kita jengkel dan berusaha menutupinya dengan berbagai macam produk makeup. Tetapi hal ini justru tidak bagus untuk kulit kita yang sudah berjerawat. 

Makeup artist Charlotte Tilbury mengatakan, “Menggunakan foundation yang sangat tebal untuk menutupi ketidaksempurnaan hanya akan membuat tampilan kita tampak seperti kue, kering dan menempel di pori-pori dan garis kulit kita.”

Kulit pun juga harus bisa bernapas agar bisa sembuh secara maksimal. Hal ini dijelaskan juga oleh Dr. Austin, “Banyak orang yang menutupi jerawat mereka dengan foundation yang tebal, dan itu sebenernya menunda proses penyembuhan dan berpotensi menyebabkan iritasi lebih lanjut.”

6. Menggunakan Produk Kecantikan yang Benar Tapi di Tempat yang Salah

Ketika tiba-tiba wajah menjadi berjerawat, mungkin kita harus memastikan bahwa kita tidak menggunakan produk makeup di tempat yang tidak semestinya. Seperti penjelasan dari Dr. Debra Jaliman, seorang dokter kulit bahwa menutupi jerawat menggunakan concealer yang berfungsi untuk bagian bawah mata adalah suatu hal yang salah.

“Bagian bawah mata cenderung kering sehingga produk yang diciptakan cenderung sangat berminyak. Jadi itu bukan teknik yang terbaik untuk menyembunyikan jerawat,” ujarnya.

Aturan dari Dr. Jaliman adalah semakin suatu produk melembabkan atau menghidrasi, maka mungkin semakin merusak kulit jika digunakan di tempat yang salah.

7. Tidak Menghapus Makeup Dengan Benar

Membersihkan makeup merupakan tahap penting dan tidak boleh dilewatkan sama sekali. Dermatolog Dr. Rebecca Kleinerman menjelaskan mengapa tahap ini sangat penting.

“Dengan meninggalkan makeup di kulit kita, tentunya akan menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan penumpukan sebum, yang berpotensi menyebabkan lebih banyak jerawat, dan dapat mengganggu kemampuan alami kulit Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri dan mengelupas dengan benar,” ujarnya.

Untuk menghapus makeup di bagian mata juga harus dilakukan secara terpisah, kata Julie Karen, dokter kulit di Complete Skin di New York City. Karen menjelaskan kepada bahwa kulit di sekitar mata kita lebih tipis dan lebih halus serta rapuh daripada kulit yang lainnya.

Jadi Sahabat Muslimah, jangan lagi sepelekan 7 hal di atas karena ini akan membuat wajah kita menjadi berjerawat dan lebih rusak. Selalu pastikan kebersihan adalah hal utama dalam menggunakan makeup. Semoga bermanfaat.

Last modified on Jumat, 09 Oktober 2020 22:42

Leave a Comment