5 Cara Manfaatkan Coconut Oil Untuk Kecantikan, Cobain Yuk!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Coconut oil atau minyak kelapa pasti sudah tak asing lagi terdengar dalam dunia kecantikan. Hal tersebut dikarenakan manfaat minyak kelapa yang begitu banyak. Menurut dokter kulit asal New York City, Robert Finney, minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap yang baik. Selain itu, kandungan fatty acid, seperti lauric acid yang terkandung di dalamnya memiliki efek antimikroba yang dapat melawan bakteri, virus, dan jamur.

Banyaknya manfaat dari minyak kelapa membuat para pemilik brand-brand perawatan tubuh memanfaatkannya. Mulai dari produk sabun hingga pembersih wajah berbahan dasar minyak kelapa.

Nah, untuk kamu yang punya persediaan coconut oil di rumah, berikut 5 rekomendasi cara memanfaatkan coconut oil untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap tampil cantik. Simak yuk!

1. Sebagai Moisturizer dan Body Scrub

Menurut dokter kulit, Joyce Park, Kandungan fatty acid yang ada di dalam coconut oil bagus untuk melembapkan kulit tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga berperan sebagai antibakteri dan anti inflamasi.

Namun, sahabat muslimah tidak direkomendasikan untuk mengaplikasikan coconut oil pada wajah ya, karena ada kandungan comedogenic yang rentan untuk kulit berjerawat.

Untuk pemakaian body scrub, kamu bisa mencampurkan coconut oil dengan butiran kopi ataupun gula. Kemudian balurkan dan gosok perlahan ke bagian tubuh yang akan dibersihkan. Tetap hati-hati ya sahabat muslimah.

2. Mencegah Kulit dari Eczema atau Eksim

Sebenarnya, minyak kelapa tidak dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Namun, kandungan didalamnya mampu mengurangi kondisi tertentu seperti kulit kering, gatal hingga kemerahan.

Hal ini diperkuat oleh sebuah studi pada 2014 yang mengatakan bahwa minyak kelapa murni dapat meredakan eksim lebih baik daripada mineral oil. “Mengingat kemampuannya untuk membantu melindungi kulit dan mengunci kelembapan, bahan ini bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan eksim,” jelas Finley.

3. Sebagai Makeup Remover

Ternyata coconut oil bisa lho dijadikan solusi untuk membersihkan makeup. Sebab kandungan fatty acidnya mampu membersihkan kulit serta mengangkat kotoran yang tersisa. Sahabat muslimah, jangan lupa ya setelah memakai coconut oil, pastikan kamu melanjutkannya ke tahap double cleansing.

Hal ini sangat disarankan bagi kulit sensitif dan berjerawat agar tidak ada minyak yang tersisa di wajah.

4. Membantu Atasi Masalah Rambut

Sahabat muslimah pasti sering mengalami masalah pada rambut ya, terlebih lagi rambut kita sering tertutup oleh hijab. Nah Coconut Oil ini bisa menjadi solusi kamu lho!

“Minyak kelapa bisa menjadi bahan alami yang bagus untuk membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada batang rambut akibat pewarnaan, panas, dan matahari,” tutur Finney.

Pijat dengan lembut hingga coocnut oil meresap kedalam rambut. Cara ini juga bagus untuk mengatasi masalah rambut berketombe.

5. Sebagai Deodoran

Tak hanya kesehatan kulit yang ditawarkan oleh coconut oil ini, ternyata ia juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap pada badan. Peran coconut oil sebagai anti bakteri bisa menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap.

"Mengingat bakteri adalah penyebab bau, sifat antimikroba yang ada pada minyak kelapa justru dapat membantu mengurangi bau,” ungkap Finney.

Sahabat muslimah tak perlu khawatir! Jika kamu risih dengan mengoleskan coconut oil langsung pada ketiak, kamu bisa kok membeli produk deodoran yang mengandung coconut oil.

Selamat mencoba!

Leave a Comment