Lebih Efektif! Lakukan Hal Ini Sebelum dan Sesudah Memakai Acne Patch

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Munculnya jerawat di wajah memang seringkali mengganggu dan membuat sebagian wanita tak percaya diri. Terlebih ada beberapa orang yang ‘iseng’ ingin terus memegang jerawatnya dengan tangan yang pada akhirnya malah memperburuk kondisi jerawat.

Dengan adanya permasalahan tersebut, munculah salah satu solusi yaitu dengan menutupi jerawat menggunakan acne patch. Acne patch atau pimple patch adalah sticker bening yang ditempelkan di atas jerawat, berguna untuk mengempeskan, menyamarkan dan biasanya dipakai sebelum menggunakan makeup agar permukaan wajah lebih rata.

Plester jerawat ini tergolong sangat praktis untuk digunakan sehari-hari, namun ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan nih Sahabat Muslimah, untuk sebelum dan sesudah menggunakan acne patch agar pemakaiannya tepat.

Berikut penjelasannya, dilansir dari laman Beautynesia;

Sebelum menggunakan acne patch

Pastikan tipe acne patch yang cocok untuk jenis jerawat dan sesuai dengan ukuran jerawat. Pilihlah ukuran acne patch yang lebih besar dari pada jerawat yang tumbuh. Sebab ukuran acne patch yang tidak sesuai akan membuat jerawat lebih lama sembuh.

Selanjutnya, perhatikan ketebalan acne patch. Terutama acne patch yang akan digunakan saat menjalankan aktivitas. Pilih bahan yang setipis mungkin untuk membuatnya lebih natural ketika ditempel di wajah.

Sebelum menempelkan stiker jerawat, pastikan kulit kamu sudah dicuci dan kering sepenuhnya ya.

Agar lebih efektif, gunakan acne patch pada malam hari meskipun boleh juga dipakai siang hari. Nah, untuk penggunaan siang hari, usahakan acne patch tidak terkena skin care.

Sesudah menggunakan acne patch

Bersihkan Wajah

Setelah menggunakan acne patch semalaman, biasanya patch sudah memutih karena telah menyerap isi jerawat. Nah, ketika kamu melepas patch di pagi hari, perekatnya kemungkinan masih tersisa di kulit wajahmu.

Agar kulitmu tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya, jangan lupa untuk membersihkannya ya sahabat muslimah.

Eksfoliasi

Selain membersihkan wajah, eksfoliasi juga bisa kamu lakukan untuk mendorong pergantian sel-sel kulit mati sehingga meminimalisir bekas jerawat kamu sebelumnya. Memang eksfoliasi tak disarankan ketika sedang berjerawat karena bisa membuat jerawat semakin meradang.

Tetapi, jika jerawat sudah mulai menipis, kamu bisa melakukannya.

Gunakan Moisturizer

Tak hanya menyedot isi jerawat, acne patch ternyata juga dapat menarik kelembapan kulit. Agar kulitmu tidak menjadi kering, kamu bisa gunakan moisturizer setelah menggunakan acne patch.

Selain mampu menjaga kulit agar tetap lembab, moisturizer juga dapat mencegah timbul jerawat lagi lho.

Tidak Cukup Hanya Sekali

Walaupun sudah sekali menggunakan acne patch, bukan berarti jerawat kamu sudah sembuh ya sahabat muslimah. Bisa jadi penyerapan isi jerawat tak cukup hanya sekali.

Sehingga kamu perlu menggunakannya lagi agar isi jerawatnya benar-benar terserap semua.

Bisa Digunakan Sebelum Make Up

Jangan salah, acne patch juga bisa kamu gunakan sambil memakai makeup lho! Tetapi agar tak terlihat aneh, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan.

Pertama-tama, cuci wajahmu dan keringkan. Kemudian, tempelkan acne patch dan aplikasikan skincare di bagian lainnya. Setelah melakukan ini, kamu bisa memakai makeup di atasnya. Tetapi, aplikasikanlah makeup secara perlahan di sekitar acne patch ya agar hasilnya tak terlihat cakey.

Nah, itu dia cara dan tips dalam menggunakan acne patch secara tepat Sahabat Muslimah. Semoga bermanfaat ya.

 

 

Leave a Comment