5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Skincare di Malam Hari

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mulai dari pagi hingga sore hari, kulit sudah lelah karena terpapar banyak hal seperti debu, sinar matahari berlebih, polusi, dan masih banyak yang lain. Tentunya untuk mengembalikan keadaan kulit seperti semula, perlu dilakukan skincare routine pada malam hari.

Deirdre Hooper, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Audubon Dermatology di New Orleans mengatakan bahwa produk skincare akan bekerja dengan baik di malam hari terlebih disaat tidur. Karena saat malam hari, kulit tidak banyak mengeluarkan keringat sehingga produk dapat diserap dengan baik.

Tapi sayangnya, masih banyak orang yang mempraktekkan perawatan di malam hari ini dengan cara yang salah. Hal ini justru akan memperparah kondisi kulit karena tidak sesuai anjuran.

Berikut adalah 5 kesalahan yang masih sering terjadi saat mengaplikasikan skincare di malam hari, dilansir dari laman Everyday Health:

1. Tidak mencuci wajah sebelum menggunakan masker wajah

Dr. Hooper mengatakan bahwa kita tidak perlu mencuci wajah di pagi hari apalagi kalau kulit kita sensitif dan kering. Tetapi untuk malam hari, mencuci wajah merupakan sebuah kewajiban.

Mencuci wajah dapat menghilangkan kotoran dan polusi yang menumpuk di kulit setiap hari, dan ini yang menyebabkan jerawat dan mempercepat proses penuaan. Jika tidak sempat menggunakan sabun muka, minimal gunakan tisu wajah dan micellar water untuk membersihkannya.

2. Berhenti menggunakan retinoid sepenuhnya

Retinoid berfungsi untuk menunda tanda-tanda penuaan dini karena mengandung turunan vitamin A yang meningkatkan kolagen dan melawan garis-garis halus serta kerutan. Tetapi di satu sisi, retinoid juga dapat membuat iritasi pada kulit.

Ketika mengalami iritasi, sedikit pengelupasan, atau kemerahan jangan langsung benar-benar berhenti menggunakan retinoid. Charisse Dolitsky, MD, dokter kulit di Schweiger Dermatology Group, New York, menyarankan cukup menghentikannya selama satu atau dua malam saja. Setelah kulit kembali membaik, lanjutkan gunakan retinoid sedikit demi sedikit.

3. Lupa mengaplikasikan retinoid secara reguler

Masih banyak orang yang sulit untuk menggunakan retinoid secara konsisten. Padahal untuk mendapat hasil maksimal, menurut Harvard Health Publishing hasil terbaik untuk anti-penuaan di dapatkan setelah 12 bulan menggunakan retinoid.

Dr. Hooper juga menyarankan untuk mengaplikasikan retinoid setiap hari ke pangkal hidung dan dahi. Seiring berjalannya waktu, setelah terbiasa mulai oleskan ke pipi dan dagu serta hindari area dekat mata atau mulut. Aplikasikan dua kali dalam seminggu.

4. Mengandalkan antioksidan yang salah di malam hari

Beberapa antioksidan memang paling baik digunakan di pagi hari, terutama vitamin C karena bisa menetralkan radikal bebas. Serum vitamin C ini tidak efektif untuk diaplikasikan saat malam hari. Maka dari itu, daripada salah, gunakanlah serum yang mengandung resveratrol, kata Dr. Hooper.

Hal ini dikarenakan resveratrol dinonaktifkan oleh matahari dan tidak berfungsi baik di pagi hari. Dr. Hooper juga menjelaskan bahwa menerapkan banyak antioksidan sangatlah bagus karena bisa memberikan perlindungan yang menyeluruh.

5. Menggosok kulit terlalu keras dan sering

Kita memang harus menggunakan skincare di malam hari secara teratur, tetapi jangan terlalu antusias juga. Tidak perlu menggosok atau menggunakan exfoliator secara rutin, terutama jika sudah menggunakan retinoid secara konsisten.

Menurut Dr. Hooper, pertama ini akan mubazir, karena retinoid sendiri sudah merangsang pergantian sel dengan baik. Menyatukan retinoid dan scrub malah akan menimbulkan iritasi kulit. Paling tidak lakukan saja selama sekali dalam seminggu.

Itu dia 5 kesalahan yang masih suka terjadi. Nah, dari sekarang karena Sahabat Muslimah sudah tahu, bisa dimulai untuk mengatur kembali skincare routine kalian di malam hari. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment