5 Cara Untuk Kembalikan Semangat Hanya Dalam 30 Detik!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Dalam hidup kita pasti akan mengalami berbagai macam hambatan dan tantangan, yang terkadang bisa membuat semangat untuk melakukan sesuatu menjadi berkurang. Atau bahkan dengan keadaan pandemi saat ini, 90 persen aktivitas dilakukan dirumah, membuat kita bosan dan tidak sebahagia dulu.

Namun, tahukah kamu mengapa kita bisa tidak bahagia? Melansir dari laman Psychology Today, terdapat satu buku karya Rick Hanson yang berjudul Hardwiring Happines yang menjelaskan bahwa kenegatifan tertanam dalam otak karena kita cenderung memperhatikan hal yang buruk dibanding yang baik.

Bias negatif yang sudah tertanam ini membantu kita untuk waspada terhadap kemungkinan ancaman, masalah, dan pemicu stres. Tapi di satu sisi ketika otak terlalu diatur oleh emosi negatif, maka bisa membuat kita hilang kesempatan untuk merasa senang dan bahagia.

Untuk menyeimbangkan bias negatif ini, maka harus dibantu dengan aktivitas yang memicu kebahagiaan. Ketika kita melakukan kegiatan yang memicu kebahagiaan akan memberikan manfaat jangka panjang pada otak.

Karena pengalaman dan pikiran bahagia ini bisa menumbuhkan sirkuit saraf baru dalam otak dan memberi kekuatan batin seperti rasa syukur, antusiasme, dan kebahagiaan.

Muslimahdaily sudah merangkum 5 cara untuk meningkatkan kebahagiaan kamu cukup dalam waktu 30 detik. Yuk, simak cara-caranya!

1. Tersenyum

Kebahagiaan bukan hanya sesuatu yang datang dari dalam ke luar, atau dari pikiran ke perilaku kita. Tetapi bisa berlaku sebaliknya, datang dari luar ke dalam ataupun dari tindakan ke pikiran kita.

Salah satunya dengan tersenyum, karena dengan melakukan ini sebenarnya kita akan mengaktifkan hormon dalam tubuh yang dapat memicu kebahagiaan.

2. Beri label pada perasaan negatif

Ketika kita merasa marah, sedih, gelisah, takut, cobalah beri label pada emosi yang sedang kita rasakan dan ini dapat meringankan penderitaan kita.

Karena saat memberikan label kita akan mengalihkan aktivitas dari bagian otak yang mengatur emosi ke bagian otak yang berfungsi untuk berpikir, dan membuat kita tidak merasa terlalu sakit hati serta merasa bisa memegang kendali.

3. Duduk tegak

Hal sederhana seperti duduk tegak dapat meningkatkan kebahagiaan loh. Karena postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan keadaan emosi negatif.

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa orang yang terbiasa membungkuk mengalami banyak suasana hati yang buruk, harga diri yang lebih rendah, begitu juga dengan tingkat kepercayaannya. Postur tubuh yang baik bukan hanya memberi emosi baik saja tetapi juga kesehatan fisik dan mencegah berbagai jenis masalah leher, bahu, dan punggung.

4. Hargai diri sendiri

Beri penghargaan kepada diri sendiri dengan memikirkan satu pencapaian yang telah kita lalui dengan baik, lalu fokuskan ke perasaan bahagia dibalik hal itu. Menarik perhatian kita pada kekuatan diri sendiri akan mengangkat semangat dalam diri.

5. Gunakan foto untuk mengingatkan kita tentang tujuan dan kesenangan hidup

Foto keluarga, teman, foto liburan atau quotes kesukaan bisa memulihkan dan meningkatkan momen kebahagiaan kita. Mengambil ‘istirahat kecil’ dan menikmati foto pemadangan terbukti dapat meningkatkan kesehatan dengan cara menurunkan tingkat stres serta tekanan darah.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment