Harus Bangun Pagi Setelah Begadang? Ikuti Tips Ini!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah pasti pernah begadang, kan? Entah karena dikejar deadline kantor atau terlalu asyik menonton series Korea?

Yap, bagadang memang sudah jadi hal yang lumrah bahkan pada anak kecil sekalipun. Padahal sudah jelas, banyak sekali resiko kesehatan yang mengintai mereka yang sering begadang. Mulai dari hilang konsentrasi hingga mempengaruhi fungsi otak.

Walau demikian, bukan berarti begadang tidak boleh dilakukan, lho. Jika memang terpaksa harus begadang sih sah-sah saja. Tak jarang kamu masih harus bangun pagi setelah semalaman begadang.

Nah, untuk mengurangi rasa kantuk dan lelah, Sahabat Muslimah dapat melakukan beberapa tips. Dilansir dari laman HerStory, yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Tidur sebentar

Salah satu cara membunuh rasa kantuk, ya memang dengan tidur. Tapi kamu cukup tidur selama 10 menit saja. Justru kalau tidur terlalu lama, 40-45 menit misalnya, malah akan membuat kamu pusing.

2. Tetap terhidrasi

Keadaan dehidrasi cuma akan memperparah rasa lelah kamu. Oleh karena itu, pastikan banyak minum air putih agar tetap terhidrasi. Selain itu, air mineral juga akan membantu kamu menghilangkan rasa kantuk.

Walau banyak orang yang memilih minum minuman berenergi, sebaiknya hal ini dihindari. Memang, minum berenergi bisa menghindari rasa kantuk dan membuat lebih semangat. Namun, hal tersebut hanya memberi efek sebentar dan justru bisa membuat kamu lebih lelah setelahnya.

3. Minum kopi

Cara lain untuk menghilangkan kantuk adalah dengan mengonsumsi kopi. Selain dapat menambah energi, kopi juga mampi meningkatkan daya ingat. Manfaat kopi yang baik tersebut hanya bisa didapat bila dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Jika terlalu banyak, justu dapat menyebabkan sakit kepala.

Perlu diingat juga jika sudah mengonsumsi kopi di pagi hari, maka sebaiknya tidak mengonsumsinya lagi di sore atau malam hari. Hal ini lantaran efek kafein pada kopi dapat bekerja selama 5 jam. Alih-alih sehat, justru malah sulit tidur dan begadang jadi siklus harian, deh.

4. Bberjemur sebentar

Berjemurlah selama perjalanan ke kantor atau di sela-sela waktu bekerja. Hal ini dapat membantu melancarkan sikulasi tubuh dan membuat kamu berenergi sepanjang waktu.

Selain itu, berjemur juga jadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Waktu yang paling tepat untuk berjemur adalah jam 10-11 pagi. Enggak perlu lama, Sahabat Muslimah cukup berjemur selama 15-20 menit saja.

Itu tadi tips tetap segar setelah begadang. Ingat ya, jangan terlalu sering begadang karena enggak baik untuk kesehatan!

Last modified on Sabtu, 17 Oktober 2020 16:09

Leave a Comment