5 Kesalahan Mengeringkan Rambut yang Masih Sering Dilakukan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah merawat rambut yang selalu tertutup hijab memang bukan hal yang mudah. Kamu butuh segudang perawatan agar rambut selalu sehat. Walau demikian, ternyata rambut kamu tetap rusak?

Kalau iya, bisa jadi kamu masih sering melakukan kesalahan saat mengeringkan rambut, nih. Pasalnya, proses mengeringkan rambut juga ternyata berperan besar untuk kesehatan rambut. Apa saja, sih kesalahan tersebut? Melansir dari laman HerStory, yuk simak rangkumannya berikut ini.

1. Terlalu lama membungkus rambut dengan handuk

Hayo siapa Sahabat Muslimah yang sering membungkus rambut dengan handuk dan membiarkannya sampai lama? Kalau iya, maka kebiasan tersebut harus segera dihentikan, nih.

Rambut yang terlalu lama dibungkus dengan handuk akan membuat helai-helainya jadi makin sulit diuraikan dan menyebabkan patah. Membungkus rambut yang basah dengan rambut sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 30 menit.

Kalaupun ingin dibungkus dengan handuk, Sahabat Muslimah dapat menggunakan handuk microfiber atau terbuata dari katun yang lembut. Walau demikian, sebenarnya cara mengeringkan rambut yang paling baik adalah dengan membiarkannya kering sendiri.

2. Sering digosok dengan handuk

Sahabat Muslimah sering diburu-burui suatu kepentingan sampai harus mengeringkan rambut dengan cara digosok? Wah sebaiknya hal tersebut nggak dilakukan lagi, ya. Karena menggosok rambut dengan handuk secara kasar cuma akan membuat rambut semakin rusak.

Jika ingin menggunakan handuk, ada baiknya jangan digosok dan cukup ditekan-tekan secara perlahan. Selebihnya, biarkan rambut mengering sendiri.

3. Terlalu sering mengeringkan rambut dengan hairdryer

Hairdryer memang efektif untuk mengeringkan rambut. Tapi, bila terlalu sering digunakan justru akan membuat rambut rusak. Hal tersebut lantaran hembusan panas yang berasal dari elektronik tersebut membuat kutikula rambut kembali terbuka. Selain itu, hairdryer juga beresiko membuat folikel rambut menipis.

Jika memang harus menggunakan hairdryer, sebaiknya menggunakan vitamin rambut terlebih dahulu sebelum dikeringakan, ya Sahabat Muslimah.

4. Mengeringkan rambut dari bagian belakang kepala

Cara mengeringkan rambut yang satu ini juga cukup sering dilakukan, nih. Padahal, cara ini justru membuat rambut semakin sulit diatur. Selain itu, rambut juga akan terasa lebih kasar. Sebagai gantinya, Sahabat Muslimah dapat mengeringkan rambut sesuai dengan arah garis rambut, dari depan ke belakang, ya.

5. Lupa mengeringkan akar rambut

Kesalahan terakhir adalah lupa mengeringkan akar rambut. Padahal akar rambut merupakan kunci bagi rambut agar terlihat lebih bervolume. Oleh karena itu, saat menggunakan hairdryer, sebaiknya angkat rambut dan keringkan bagian akarnya.

Itu tadi beberapa kesalahan dalam mengeringkan rambut. Selain 5 kesalahan di atas, pastikan kamu tidak tidur dalam keadaan rambut yang basah, dan selalu menggunakan serum rambut, ya.

Leave a Comment