7 Tanda Kalau Kamu Mengalami Trust Issue

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Trust issue atau masalah kepercayaan merupakan kondisi ketika seseorang sulit untuk percaya kepada orang lain. Hilangnya kepercayaan ini dapat terjadi kepada keluarga, teman, bahkan pasangan.

Biasanya, masalah kepercayaan ini muncul karena pengalaman masa lalu yang begitu membekas sampai meninggalkan trauma. Misalnya dampak dari masalah keluarga, pernah dikhianati oleh pasangan, atau bahkan oleh temen sendiri.

Bagi beberapa kasus, trust issue dapat memberi dampak negatif yang cukup berpengaruh pada hidup. Pasalnya, kamu mungkin akan kehilangan berbagai kesempatan dalam hidup karena tidak memberi ruang bagi orang lain untuk kamu percaya. 

Walau demikian, masalah hilangnya kepercayaan ini dapat di atasi, kok. Namun, sebelum itu, kita harus mengenali dulu tanda-tandanya. Dilansir dari laman Thriveworks, berikut tanda-tandanya seseorang yang mengalami trust issue:

· Merasa dikhianati. Menganggap seseorang telah mengkhianati kepercayaan kamu meskipun kamu tidak memiliki alasan yang benar dan pasti.

· Terlalu protektif. Sangat protektif terhadap orang yang dicintai, karena takut mereka menjadi tidak setia.

· Menjauhkan diri dari orang lain. Kamu memutuskan untuk membatasi hubungan dengan orang lain untuk menghindari ketakutan pengkhianatan atau pengabaian.

· Menghindari komitmen. Tidak peduli seberapa besar kamu peduli terhadap seseorang, kamu menolak untuk berkomitmen dengannya.

· Sulit memaafkan kesalahan terkecil. Kamu merasa orang lain tidak boleh melakukan kesalahan apapun padamu.

· Terlalu waspada terhadap orang lain. Kamu cenderung selalu curiga kepada orang lain. Setiap orang yang kamu temui, kamu akan sangat berhati-hati.

· Merasa kesepian atau tertekan. Karena sulit percaya orang lain, kamu jadi cenderung ketakutan. Ketakutan tersebutlah yang membuat kamu mengisolasi diri dari orang lain lalu merasakan depresi.

 

Mengatasi Trust Issue

Jika trust issue adalah penghalang utama dalam hidup kamu, mungkin inilah saatnya untuk meninjau kembali pentingnya arti kepercayaan itu. Masih dari laman yang sama, berikut Muslimahdaily rangkum langkah-langkah untuk mengatasi trust issue yang dapat kamu lakukan.

1. Terima risiko yang muncul saat belajar mempercayai lagi

Tidak ada dari kita yang sempurna. Dalam artian, kita pasti pernah mengecewakan orang. Oleh karena itu, menempatkan kepercayaan kamu pada seseorang bukan tidak mungkin akan menyebabkan dikecewakan nantinya.

2. Pelajari cara kerja kepercayaan

Memang, kepercayaan tidak harus diberikan dengan mudah. Tidak apa-apa jika kamu membiarkan orang menunggu untuk mendapatkan kepercayaan darimu, sebelum memutuskan bahwa kamu dapat mengandalkan mereka.

3. Ambil risiko

Terlalu larut dalam ketakukan akan semakin membuat trust issue kamu semakin parah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengambil resiko. Biarkan diri kamu berisiko dikecewakan lagi untuk menciptakan hubungan yang sehat nantinya.

4. Hadapi ketakutan

Pada dasarnya, perasaan takut dan negatif lainnya tidak sebaiknya dihindari secara terus menerus. Perasaan tersebut justru harus dihadapi langsung agar tahu sampai mana rasa ketakutanmu.

5. Coba dan percaya lagi

Jika kamu gagal dan kembali ke kecenderungan tidak percaya, coba lagi. Percaya lagi dan coba lagi. 

Jika kamu merasa trust issue yang kamu alami sangat mengganggu perasaan sampai produktivitas sehari-hari, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi ke psikolog ya, Sahabat Muslimah.

Last modified on Kamis, 22 Oktober 2020 12:32

Leave a Comment