Selain Sehat, 5 Olahraga Ini Juga Bisa Menurunkan Stres Kamu!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Stres merupakan hal yang bisa terjadi kapan saja. Walau pun kerap terjadi dan cukup normal, stres dapat berdampak buruk, lho. Bahayanya, ketika tingkatan stres sudah tinggi, hal ini dapat memberikan efek pada kesehatan tubuh kita, bukan soal mental saja tapi fisik juga.

Ketika stres, masih banyak orang yang mengatasinya dengan makan yang banyak atau menonton film kesukaan. Tapi ada cara lain yang lebih sehat dan tentunya lebih efektif menurunkan stres, yaitu olahraga.

Melansir dari laman Everyday Health, tubuh kita dirancang untuk bergerak dan aktif, bukan hanya duduk saja. Maka dari itu, olahraga merupakan alternatif pengurang tingkat stres yang sangat ampuh karena dapat meransang relaksasi tubuh kita.

Lima olahraga ini tidak perlu membutuhkan alat-alat khusus karena sederhana dan bisa kalian lakukan di rumah. Intip, yuk, di bawah ini!

1. Yoga

Berbagai postur dalam yoga merupakan salah satu bentuk untuk melatih kekuatan tubuh dan menjadikan kita lebih tangguh serta fleksibel. Yoga juga menggunakan teknik pernapasan dalam yang kemudian memicu respons relaksasi pada tubuh.

Terdapat penelitian yang menyatakan yoga juga dapat mengurangi tekanan darah. Tapi dari semua manfaat yang disebutkan, efek terbesar dari yoga adalah fokus mental yang dihasilkan ke tubuh kita. Fokus ini kemudian merupakan kunci untuk manajemen stres.

2. Tai Chi

Tai Chi merupakan seni bela diri dari Tiongkok kuno yang menghubungkan gerakan fisik dengan napas. Tai chi memfokuskan pada penyerapan mental yang mana stres dan kecemasan sehari-hari akan berkurang serta bisa meningkatkan fleksibilitas dan energi dalam tubuh. Selain itu, dengan rutin melakukan Tai Chi, dapat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular kita.

3. Berkebun

Berkebun sesungguhnya bentuk olahraga sederhana yang mampu membakar sampai 200 kalori per jam. Kalori yang dibakar bahkan bisa mencapai 600 kalori per jam, ketika melakukan aktivitas berat seperti mengangkut kantong tanah atau menyapu. Tentunya dengan melakukan berkebun juga menciptakan suasana hati yang segar karena terhubung dengan alam yang dapat mengurangi stres.

4. Berjalan

Olahraga ini paling mudah dilakukan dan hampir tidak memerlukan alat khusu. Faktanya, berjalan ternyata bisa mengurangi timbulnya kondisi berkaitan dengan stres seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, kolesterol, ataupun diabetes tipe 2.

Jeff Migdow, M.D., dokter di Lenox, Mass mengatakan berjalan dapat melepaskan ketegangan otot utama di tubuh, memperdalam pernapasan dan menenangkan sistem saraf. Banyak orang mengakui bahwa setelah melakukan jalan kaki secara rutin selama 30 menit, mereka merasa lebih percaya diri dan tingkat stres pun berkurang.

5. Qigong

Tak jauh beda dengan Tai Chi, Qigong dianggap sebagai salah satu landasan pengobatan di Tiongkok, bersama dengan akupuntur dan herbal. Melakukan qigong secara teratur dapat meningkatkan perasaan tenang, kualitas tidur dan pencernaan, serta meningkatkan energi. Dr. Migdow juga menambahkan, gerakan Qigong yang lambat dan lembut selaras dengan pergerakan napas yang sangat merilekskan sistem saraf.

Lima hal diatas merupakan olahraga sederhana dan mudah untuk dilakukan. Tidak usah takut lagi jika berhadapan dengan stres, cukup tenangkan diri dengan melakukan lima olahraga di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment