Hati-hati! Ini 5 Tanda Kalau Tubuh Kamu Penuh Racun

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Di era serba cepat seperti ini, racun dapat masuk ke dalam tubuh dengan mudah. Racun tersebut dapat berasal dari paparan polusi dari udara, makanan cepat saji, hingga pola hidup yang buruk.

"Mereka mungkin berasal dari bahan kimia di udara, radiasi medan elektromagnetik dari ponsel, makanan olahan yang dimakan dan sebagainya," kata Leigh Erin Connealy, M.D, penulis The Cancer Revolution.

Terlalu banyak racun yang berada di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit bahkan berdampak pada organ-organ di dalamnya.

Sahabat Muslimah, kamu mungkin nggak sadar kalau tubuh sudah terpapar racun. Oleh karena itu, berikut ini Muslimahdaily rangkum gejalanya, dilansir dari laman HerStory. Yuk simak!

1. Sambelit

Penyebab utama sambelit adalah karena pola hidup yang buruk. Nggak jarang makanan cepat saji atau yang biasa kamu beli di luar mengandung banyak racun yang terdiri dari bebagai bahan kimia. Mulai dari perasa, pewarna, hingga pengawet buatan. Ditambah lagi hidangan-hidangan tersebut cenderung kurang mengandung serat.

Untuk itu, Sahabat Muslimah harus mulai mengurangi mengonsumsi makanan cepat saji dan memperbanyak makanan organik. Kurangi juga minum-minuman yang mengandung perasa dan pewarna buatan dan menggantinya dengan air mineral.

2. Mudah kelelahan

Sahabat Muslimah sering merasa mudah lelah belakangan ini? Bisa jadi hal itu dikarenakan racun yang ada di dalam tubuh.

Pasalnya, penelitian menemukan adanya hubungan antara kelelahan kronis dan paparan racun di lingkungan dari hal-hal seperti pestisida, pelarut, dan logam. Saat racun berada di dalam tubuh, ginjal dan hati akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan racun tersebut. Itulah sebabnya kamu mudah lelah.

3. Kejanggalan fungsi otak

Tak hanya kelelahan, adanya racun di dalam tubuh juga berdampak pada kerja otak. Nggak jarang racun yang terdiri dari berbagai bahan kimia tersebut menyebabkan kita jadi sering bingung, sulit mengingat dan sulit fokus pada satu hal.

4. Bau badan

Tanda selanjutnya adalah munculnya bau badan yang kurang sedap. Bau badan sendiri merupakan reaksi tubuh yang dihasilkan dari metabolisme dan pemecahan dari segala hal yang terhidup, tertelan, dan terpapar.

Ketika tubuh mengeluarkan bau yang kurang sedap, misalnya dari bau urin atau bau mulut, hal itu tanda bahwa tubuh sedang menghadapi racun.

5. Nyeri tubuh

Gejala terakhir adalah nyeri tubuh. Rasa lesu serta nyeri pada persendian dan otot yang sering dirasakan termasuk salah satu gejala bahwa tubuh sedang terpapar racun.

Untuk mengatasinya, Sahabat Muslimah dapat mengonsumsi air lemon setiap hari. Air lemon dapat melancarkan pencernaan sekaligus menurunkan berat badan akibat makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak.

Itu tadi beberapa tanda bahwa tubuh sedang menghadapi racun. Agar tetap sehat, sebaiknya Sahabat Muslimah menerapkan pola hidup yang sehat, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi serta olahraga secara teratur, ya.

Leave a Comment