Rajin Pakai Skincare Tapi Nggak Glowing? Mungkin Kamu Melakukan 5 Kesalahan Ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mungkin kamu bertanya-tanya “Sudah sering pakai skincare, tapi kok kondisi kulit wajahnya nggak membaik, ya?” Perlu kamu ketahui, sering kali kamu tidak sadar akan kekeliruan yang malah menurunkan kinerja skincare itu sendiri. Sehingga, skincare tidak bekerja secara maksimal pada kulit kamu.

Lantas, apa saja kebiasaan tersebut? Yuk pelajari kebiasaan yang harus kamu hindari saat memakai skincare yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Terlalu sering mencuci muka

Jangan mencuci muka lebih dari 2x sehari. Kebanyakan orang menganggap bahwa semakin sering mencuci muka, maka semakin kecil kemungkinan jerawat akan muncul. Padahal mencuci muka terlalu sering justru akan memperburuk kondisi kulit wajahmu.

Mengutip laman Verywell Health, hal ini dikarenakan kulit bisa menjadi terlalu kering, kemerahan, bahkan mengelupas. Sebab, kulit kamu kehilangan minyak alami yang dibutuhkan agar kulit tetap lembap.

Jadi, membersihkan kulit pada pagi dan malam hari sudah cukup untuk menghilangkan debu dan kotoran pada wajahmu.

2. Pemakaian skincare yang berlebihan

Semakin banyak takaran produk skincare yang kamu gunakan, maka semakin besar pula manfaat yang kamu rasakan. Bukankah statement tersebut yang sering kamu yakini? Padahal setiap jenis skincare memiliki takarannya masing-masing, lho!

Berikut takaran yang disarankan oleh Dr. Vivin Shi, seorang ahli dermatologi di University of Arizona.

· Seukuran kacang: face lotion, pelembap wajah (moisturizer), dan krim tangan atau kaki

· Seukuran anggur: Sabun muka, toner, masker, dan pelembap badan (body lotion)

· Seukuran beras: eye cream dan serum

3. Memilih produk skincare kurang tepat

Kini, semakin banyak produk skincare ditawarkan untuk para perempuan, yang mana membuat kamu tergiur untuk membelinya. Padahal belum tentu produk tersebut cocok untuk kulit kamu, Sahabat Muslimah.

Hanya karena review yang bagus dari teman-temanmu, bahkan dari beauty vlogger sekalipun, tak menjamin produk tersebut juga bagus untuk kulitmu. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih produk skincare. Misalnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, hindari sabun cuci muka yang banyak busanya dan produk yang mengandung alkohol.

4. Eksfoliasi kulit yang berlebihan

Eksfoliasi kulit bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajahmu. Biasanya eksfoliator berupa scrub. Nah karena scrub itu bertekstur, pastikan kamu tidak menggosok kulitmu terlalu keras. Gosoklah kulit wajahmu dengan lembut dan lakukan eksfoliasi ini 1-2 kali seminggu. 

5. Mengkombinasikan 2 produk yang kurang tepat

Kesalahan lainnya saat memakai skincare adalah menggabungkan dua produk yang bahan aktifnya berlawanan. Jika hal tersebut terjadi, maka kulitmu akan mengalami overeksfoliasi yang mana mengakibatkan kulitmu menjadi lebih sensitif.

Yuk kenali bahan-bahan aktif apa saja yang tidak boleh dikombinasikan sekaligus saat menggunakan skincare berikuti ini:

· Retinoid dan AHA BHA

· Retinoid dan vitamin C

· Benzoyl peroxide dan vitamin C

· Benzoyl peroxide dan retinol

· Menggabungkan terlalu banyak skin care dengan kandungan asam (glycolic dan salicylic acid, glycolic dan lactic acid, dan lainnya).

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa yang sebaiknya dilakukan? Semoga informasi di atas dapat membantu kamu untuk lebih memperhatikan kebiasaan sehari-harimu dalam mengaplikasikan skincare.

Leave a Comment