Skin Fasting, Cara Mudah dan Murah Untuk Detoksifikasi Kulitmu!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Tren dalam dunia kecantikan nampaknya tak akan ada habisnya, mungkin kamu pernah dengar tren satu ini, namanya adalah Skin Fasting. Tren ini mengajak kita untuk ‘berpuasa’ dari segala macam produk perawatan kulit dalam kurun waktu tertentu. Kabarnya, skin fasting adalah cara detoks alami yang membuat kulit semakin sehat dan cantik.

Sahabat Muslimah bisa melakukan skin fasting ini untuk mengistirahatkan kulit dari semua perawatan dan produk perawatan kulit yang kamu gunakan secara teratur sebelumnya. Dilansir dari NDTV, Dr. Kiran Lohia Sethi, seorang dokter kulit akan menjelaskan lebih lanjut apa sebenarnya skin fasting ini. Simak Yuk!

Bagaimana cara melakukan skin fasting?

Layaknya puasa biasa, skin fasting bisa dilakukan hanya dengan tanpa mengoleskan apapun ke wajah dan membersihkannya dengan air biasa.

Namun, sedikit modifikasi dapat dilakukan, yaitu dengan menggunakan sunscreen atau moisturizer pada kulit kamu, atau bisa salah satunya. Dr.Kiran menjelaskan bahwa kamu dapat melakukan skin fasting sesuai kebutuhan kulitmu.

Seberapa sering kita harus melakukan detoksifikasi kulit?

Sahabat Muslimah dapat melakukan detoksifikasi kulit sekali dalam dua atau tiga bulan, atau sekali setiap bulan, atau sekali setiap minggu. Tergantung pada bagaimana kulit kamu terasa sehari-hari.

Jika kulit kamu terasa teriritasi, sensitif kering, berminyak atau kusam, kamu dapat melakukan detoksifikasi kulit seminggu sekali atau sekali dalam dua minggu.

Detoksifikasi kulit dapat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan banyak produk pada kulit seperti krim anti-penuaan, krim pencerah kulit, atau yang terlalu banyak memakai riasan secara terus menerus. "Puasa kulit seperti liburan untuk kulit Anda," kata Dr. Kiran

Waktu yang tepat untuk mencoba skin fasting

Kamu dapat mencoba skin fasting ketika pergantian musim. Lakukan hal ini selama dua hingga tiga minggu. Kabar baiknya, melalui metode ini kamu dapat melihat produk skincare mana yang kiranya tak berguna ketika kamu gunakan karena kulit dapat mengatasinya sendiri.

Sebagai saran, skin fasting tak akan bekerja dengan baik ketika kamu sedang menjalani perawatan jerawat atau eksim, karena kulit tentu memerlukan perawatan tambahan.

Oleh karena itu kamu dapat memberi pedoman tambahan untuk skin fastingmu, yakni dengan mencuci muka menggunakan air hangat, minum air putih, dan cobalah untuk pergi keluar tanpa bantuan produk skincare.

Untuk itu dapat disimpulkan bahwa produk perawatan kulit yang kita gunakan belum tentu buruk atau tidak sehat untuk kulit. Skin fasting dilakukan untuk memberikan waktu istirahat pada kulit sehingga kamu dapat memulai kembali penggunaan produk perawatan kulit sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa untuk selalu konsultasi kepada dokter kulitmu ya, Sahabat Muslimah.

Last modified on Kamis, 29 Oktober 2020 23:41

Leave a Comment