Sedang Stres Berat? Yuk Segera Konsumsi 5 Makanan Ini!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Ada banyak alternatif untuk mengurangi stres karena tekanan pekerjaan maupun tugas sekolah, termasuk melalui makanan. Namun demikian, bukan cuma menurunkan, makanan juga bisa menaikkan tingkat stres, jadi sangat penting untuk memperhatikan makanan yang benar saat mengonsumsinya.

Melansir dari laman Everyday Health, sebuah artikel yang diterbitkan pada Agustus 2015 di jurnal Stress menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas nutrisi yang kita konsumsi dari waktu ke waktu dapat memengaruhi sirkuit saraf tubuh yang mengontrol emosi, motivasi, dan suasana hati.

“Kesehatan mikrobioma, atau kesehatan usus, memengaruhi suasana hati, emosi, dan kesehatan psikologis Anda,” kata Alice Figueroa, RDN, MPH, ahli gizi di New York City dan pendiri Alice in Foodieland.

Melawan stres dengan makanan adalah taktik yang mudah untuk dilakukan semua orang, karena memang tidak perlu merogoh kocek yang mahal atau melakukan metode yang sulit.

Berikut ini, Muslimahdaily sudah merangkum 5 jenis makanan yang bisa membasmi stres yang sedang kamu rasakan. Simak, yuk, apa saja makanannya:

1. Teh Herbal 

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman hangat dapat meningkatkan perasaan “hangat” dan kelembutan dalam diri kita. Sandra Meyerowitz, MPH, RD, pelatih nutrisi online dan pemilik Nutrition Works di Louisville, Kentucky mengatakan bahwa efek menenangkan dari menyesap teh herbal, apapun rasanya, seperti lavender dan chamomile, terbukti memiliki efek relaksasi sendiri.

Figueroa juga menuturkan jika membutuhkan sedikit kafein maka bisa menyeduh teh hijau karena teh hijau mengandung flavonoid, yang menurut penelitian mendukung kesehatan otak. The hijau dapat membantu melindungi neuron dari cedera yang disebabkan oleh neurotoksin, menekan peradangan saraf, dan meningkatkan memori.

2. Cokelat Pahit

Cokelat pahit dapat mengurangi stres dengan dua cara, melalui dampak kimiawi dan dampak emosionalnya. Saat mengonsumsi cokelat akan menimbulkan perasaan senang saat menikmatinya, dan perasaan itu sendiri sudah bisa membantu mengurangi stres.

Sebelumnya pernah dilakukan penelitian di mana peserta penelitian diminata untuk memakan cokelat sekitar 1,5 ons per hari selama dua minggu. Dari penelitian ini terbukti bahwa cokelat yang kaya akan antioksidan, membantu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Tetapi pastikan cokelat yang dikonsumsi tidak mengandung gula yang berlebihan dan dimakan secukupnya saja, ya.

3. Biji-bijian Utuh

Karbohidrat untuk sementara dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Ketika kadar serotonin meningkat, stres yang kita alami akan terganti dengan naiknya tingkat konsentrasi dan fokus.

Pastikan memilih karbo yang tidak diolah dan sehat, seperti ubi jalar dan biji-bijian. Selain itu batasi karbohidrat sederhana seperti kue kering, cake, makanan “putih” seperti pasta putih atau roti yang putih.

4. Ikan

Ikan khususnya yang berlemak bisa dijadikan pilihan bagus karena dapat menyehatkan jantung. Begitu juga dengan kandungan omega-3 yang bisa membantu meringankan depresi karena nutrisinya mudah berinteraksi dengan molekul otak yang berhubungan dengan suasana hati. Ikan berlemak seperti tuna, salmon, sarden bisa Sahabat Muslimah pilih.

Jika tidak suka dengan ikan, maka bisa diganti dengan rumput laut, chia seeds, kenari, dan makanan yang diperkaya seperti telur, susu, dan susu kedelai. Untuk omega-3 sendiri bisa didapatkan melalui minyak ikan.

5. Buah Jeruk dan Stroberi

Vitamin C yang tinggi dapat membantu meredakan tingkat stres. Terdapat satu studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di Pakistan Journal of Biological Sciences, menjelaskan bahwa vitamin C mengurangi tingkat stres pada peserta yang mengonsumsi 500 mg per hari, dan juga menunjukkan kemungkinan pencegahan kecemasan.

Studi lain, yang diterbitkan pada November 2013, meneliti vitamin C dan vitamin E dan menemukan penurunan tingkat kecemasan yang signifikan pada kelompok vitamin C dibandingkan dengan kelompok lain. Makan buah-buahan seperti jeruk, jeruk bali, dan stroberi bisa kalian mulai coba.

Bagi Sahabat Muslimah yang merasakan gejala stres atau memang sedang mengalaminya sekarang, bisa saja mulai konsumsi 5 jenis makanan diatas. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment