5 Jenis Olahraga Terbaik yang Bisa Dilakukan Sebelum Menikah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Menjelang pernikahan, biasanya ada satu hal yang menjadi kendala calon pengantin adalah berat badan, kendala sedikit gemuk atau terlalu kurus jelang hari-H. Karena hal ini bisa membuat seseorang kurang pede dan merasa tidak maksimal saat hari bahagianya.

Selain mengatur pola makan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal saat pernikahan, yaitu dengan olahraga. Mengingat di hari pernikahan nanti kamu akan bertemu dengan orang banyak dan berdiri di pelaminan, maka tubuhmu harus dilatih terlebih dahulu agar kuat dan fit.

Dilansir dari laman Hellosehat, berikut lima jenis olahraga terbaik yang bisa kamu lakukan sebelum menikah.

1. Lari

Lari dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat kerja jantung dan paru, dan juga melancarkan pembuluh darah. Selain itu jika kamu konsisten melakukan olahraga murah-meriah ini, maka secara otomatis kalori dalam tubuhmu akan terbakar habis.

Selain melepaskan kalori dalam tubuh, lari juga bisa membuat kita bahagia, membuat beban terasa lepas dan terbuang saat berlari. Terdapat hormon endocannabinoid yang memiliki efek peningkatan mood yang lebih kuat dibandingkan endorfin. Lakukanlah olahraga lari ini secara teratur di pagi atau malam hari saat udara sedikit sejuk.

2. Berenang

Selain lari, berenang juga bisa melatih ketahanan tubuh dan mampu meningkatkan kebugaran tubuh kamu lho, sahabat muslimah. Renang adalah kegiatan aerobik yang melibatkan gerak keseluruhan anggota tubuh. JIka dilakukan dengan teknik yang tepat dan rutin, berenang dapat melatih kekuatan jantung dan paru yang akan sangat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Kamu dapat melakukan olahraga ini di pagi atau malam hari, jangan di saat siang hari karena hari akan berisiko membuat kulit terbakar matahari.

Selain itu, ternyata olahraga renang juga dapat membangun otot yang lebih panjang dan ramping, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh guna terus membakar kelebihan kalori.

3. Pilates

Senam pilates melibatkan serangkaian gerakan yang lambat tapi terfokus dan disertai pernapasan dalam. Setiap gerakannya dirancang mengalir dan fokus pada penggunaan otot yang baik dan akurat untuk memastikan tubuh kamu terus bergerak guna meningkatkan koordinasi gerakan, pola pernapasan, dan kesadaran tubuh.

Pilates juga mendukung inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi, sehingga dapat menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri ketika di pelaminan nanti.

Pilates juga melibatkan gerakan yang mirip dengan senam Kegel untuk menguatkan otot dasar panggul. Ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin segera hamil, otot dasar panggul yang kuat dapat memudahkan kamu untuk mengejan (mendorong bayi) saat persalinan nanti.

4. Yoga

Yoga bermanfaat dalam menjaga keseimbangan tubuh, pikiran dan jiwa kamu nih sahabat muslimah. Olahraga ini sangat cocok untuk kamu yang sedang merasa stres dengan segala urusan menyangkut persiapan pernikahan dan butuh menenangkan diri sejenak agar badan dan pikiran terasa lebih segar.

Jenis olahraga yoga meliputi teknik relaksasi, pengaturan nafas, dan meditasi untuk meraih ketenangan dan kedamaian. Yoga juga dapat bermanfaat untuk pria termasuk membangun massa dan kekuatan otot. Manfaatnya adalah untuk mengatasi impotensi, alias disfungsi ereksi.

5. Angkat beban

Jika ingin melakukan olahraga lebih menantang lagi, kamu bisa lakukan olahraga angkat beban yang akan membakar lemak dan juga dapat membentuk tubuh dengan meningkatkan massa otot. Lakukan olahraga ini dengan pengawasan instruktur atau orang yang ahli ya.

Latihan beban juga menawarkan sejumlah manfaat lain termasuk penurunan berat badan, pembakaran lemak, serta memerangi osteoporosis.

Nah itu dia olahraga yang dapat dilakukan bagi para calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan. Semoga bermanfaat!