Pentingkah Mengecek Rhesus Darah Sebelum Menikah?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Pernikahan sejatinya tak hanya persiapan tentang dekorasi, resepsi, undangan atau seragam, tetapi ada hal lain yang juga tak kalah penting, yaitu persiapan tentang kesehatan sebelum menikah.

Salah satu yang termasuk dalam kesehatan pranikah ini adalah cek golongan darah sekaligus rhesus. Pengecekan ini berguna untuk mengetahui kesehatan kamu dan pasanganmu. Cek rhesus ini juga berguna untuk membantu menentukan kehidupan masa depan keluargamu kelak.

Cek golongan darah ini tergolong tes yang mudah, tapi memberikan dampak yang besar kedepannya. Sebab, jika golongan darahmu dengan pasangan kurang cocok, maka akan mempengaruhi proses tumbuh kembang bayi.

Melansir Halodoc, cek rhesus darah pun tak kalah penting, lho. Rhesus terbagi menjadi dua, yaitu rhesus positif dan negatif. Biasanya, perempuan dengan rhesus negatif berpotensi memiliki masalah saat kehamilan anak kedua.

Menurut dr Rudi Simanjuntak Sp.OG dari Bethsaida Hospital Serpong, ibu hamil dengan rhesus darah negatif, berpotensi untuk memiliki buah hati dengan rhesus darah positif. Dengan kondisi tersebut, maka tubuh ibu akan memposisikan janin sebagai 'benda asing' yang dapat mengakibatkan kematian janin dalam rahim atau masalah kesehatan lainnya jika anak bertahan hidup.

Meski demikian, Ketua Komunitas Rhesus Negatif Indonesia, Lici Murniati mengatakan, tak semua ibu hamil dengan rhesus negatif di komunitasnya mengalami masalah saat melahirkan. Namun, ia meyakini bahwa pencegahan merupakan upaya penting untuk meminimalisir potensi ini.

Menurut UK National Health Service, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan pemeriksaan darah sebelum pernikahan. Di antaranya adalah mengetahui keseluruhan kesehatan kamu dan pasangan, mengetahui ada atau tidak adanya infeksi dalam tubuh, dan memastikan kondisi genetik kamu dan pasangan.

Dengan begitu, ada baiknya bagi pasangan yang akan menikah, pastikan dulu kesehatan tubuhmu dengan memeriksakan golongan dan rhesus darah kalian. Hal tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.