Penting Untuk Dibahas, Inilah 7 Masalah Umum dalam Pernikahan

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Menikah pada dasaranya tak selalu tentang kebahagiaan di dalamnya, tetapi pasti juga ada kesedihan, perjuangan, pengorbanan dan tantangan yang akan dilewati bersama pasangan. Terlebih pada pasangan yang baru saja menikah, karena situasi dan kondisi yang baru, tak jarang pasti akan muncul konflik-konflik kecil.

Untuk kamu yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan, berikut 7 masalah umum yang harus kamu pahami sebagai bentuk antisipasi agar nantinya tidak terlalu kaget, melansir dari Boldsky.

1. Mertua

Masalah pernikahan kerap kali terjadi ketika berurusan dengan keluarga terlebih orang tua. Karena sebagai anak kita tetap harus menghargai orangtua kita dan pasangan.

Untuk itu, kita perlu tahu bagaimana menghadapi mertua dan mampu menyatukan kedua keluarga dengan baik.

2. Situasi Keuangan

Ada banyak kasus di mana situasi keuangan sebuah rumah telah mengakibatkan pernikahan rusak. Salah satu solusi yang bisa diterapkan pada permasalahan ini adalah adanya transparasi tentang komitmen keuangan masing-masing.

Pasalnya, dalam rumah tangga, keuangan suami dan istri sering kali bercampur, berbeda saat pasangan belum menikah.

Pencampuran pendapatan yang tidak dikelola dengan baik bisa juga jadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga. Oleh karena itu, sebaiknya rencana keuangan dalam satu atap disusun terlebih dahulu sebelum pernikahan agar tidak terjadi pertengkaran suami istri.

3. Keluarga Berencana (Anak)

Selain masalah keuangan, anak sering menjadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga. Terlebih jika pasangan rumah tangga sebenarnya masih belum siap dan cukup komitmen dalam mempunyai anak.

Bagaimana kesiapan kedua pasangan untuk langsung punya anak atau menunda. Apakah nanti membutuhkan baby sitter atau mengurus sendiri bersama pasangan. Hal ini perlu dibicarakan dari awal dengan dengan jelas.

4. Parenting

Parenting atau cara pengasuhan terhadap anak ini bisa menjadi masalah jika kamu dan pasangan belum membicarakannya sebelum memutuskan untuk menikah. Karena jika ada perbedaan kecil saja dalam mengurus anak bisa menjadi masalah besar, lho Sahabat Muslimah.

Untuk itu perlu disepakati dan dan dibicarakan demi mencegah terjadinya masalah-masalah dalam rumah tangga.

5. Masalah Kamar Tidur

Masalah ini juga menjadi masalah yang umum terjadi di dalam pernikahan. Bahwa harus disadari ketika memutuskan untuk menikah berarti kita harus rela berbagi kasur dengan pasangan. Bahkan untuk masalah posisi tidur saja bisa menimbulkan konflik.

6. Perbandingan

Ketika fase pertama pernikahan dan bulan madu selesai, perasaan banding membandingkan mulai muncul, bisa saja membuat salah satu pasangan kesal. Sebaiknya sifat seperti ini harus dihindarkan, karena akan memunculkan perasaan kurang menghargai pasangan.

7. Monoton

Berikutnya adalah masalah keseimbangan dalam pekerjaan rumah tangga. Salah satu dari pasangan disarankan untuk tidak terlalu monoton dalam mengurus rumah tangga.

Pasangan harus saling kerjasama dan membagi pekerjaan secara merata dan adil. Ketika orang yang sama melakukan semua pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak, hal ini juga bisa menimbulkan masalah. Kamu harus bisa membuat pasanganmu merasa diperhatikan dan dicintai

Itulah dia 7 masalah umum yang terjadi dalam pernikahan. Tenang saja, hampir tidak ada keluarga yang bebas dari konflik rumah tangga. Keharmonisan rumah tangga bergantung pada bagaimana “kerja sama” pasangan dalam menghadapi masalah.

Semoga bermanfaaf ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment