Infeksi hingga Menyebabkan Kematian! Inilah 5 Bahaya Memencet Jerawat

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Saat jerawat muncul di wajah, tanpa sadar pasti sahabat muslimah merasa risih dan ingin memegang atau memencetnya. Tetapi nyatanya, tangan iseng kamu itu ternyata bisa menimbulkan berbagai macam masalah lain pada jerawatmu, lho.

Selain akan menimbulkan nyeri, tangan yang tidak bersih dan digunakan untuk memencet jerawat hanya akan memindahkan bakteri. Akibatnya, peradangan pada jerawat akan menjadi kian parah dan susah untuk dihilangkan, bahkan ternyata bisa mengakibatkan kematian.

Bukan hanya bahaya untuk kulit, memencet jerawat dapat berakibat buruk pada kesehatan. Yuk simak bahaya memencet jerawat sembarangan dilansir dari Beautynesia.

1. Iritasi

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, iritasi pada kulit setelah memencet jerawat akan sering terjadi. Iritasi ini disebabkan oleh keluarnya bakteri dan kuman dalam jerawat. Biasanya gejala iritasi ini ditandai dengan luka pada kulit, gatal-gatal, kulit memerah, dan rasa perih di sekitar jerawat.

2. Infeksi yang menyebabkan jerawat meradang

Infeksi kerap terjadi akibat kebiasaan memencet jerawat yang kemudian menimbulkan luka. Luka pada jerawat biasanya akan tetap terbuka hingga kering. Hal ini memudahkan bakteri untuk masuk. Akibatnya akan muncul jerawat baru dan bahkan semakin meradang. Apalagi tangan yang digunakan untuk memencet tidak higienis, bakteri akan semakin cepat masuk ke dalam luka. Selain itu, infeksi dapat menyebabkan peradangkan atau pembengkakan.

3. Meninggalkan bekas luka permanen

Keseringan memencet jerawat hanya akan merusak jaringan kulitmu. Biasanya, hal ini terjadi karena kamu terlalu kuat memencet jerawat. Usaha menghilangkan jerawat dari wajah dengan cepat jadi sia-sia, karena justru akan meninggalkan bekas luka dan kondisi wajah yang susah mulus lagi.

4. Permukaan kulit terluka dan pendarahan

Bahaya selanjutnya adalah, memencet jerawat bisa mengakibatkan kulit terluka dan mengeluarkan darah. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena dapat terjadi pendarahan. Jika parah, pendarahan ini akan mengakibatkan sel darah merah berkurang, tubuh menjadi lemas, menurunnya konsentrasi, dan mudah terserang penyakit.

5. Kesalahan memencet jerawat mengakibatkan kematian

Melansir dari Kalcare, Menurut Jeremy Brauer, MD asisten profesor klinis departemen dermatologi di NYU Langone Medical Center, kondisi kelumpuhan hingga kematian dapat terjadi jika Anda memencet jerawat yang berada pada area triangle death. Secara spesifik, lokasi yang dimaksud adalah area hidung dimulai dari batang hidung hingga ujung hidung, area antara hidung dengan bibir bagian atas, serta area di sekitar sudut-sudut bibir.

Pada ketiga area tersebut terdapat sejumlah pembuluh darah yang vital. Pembuluh-pembuluh darah ini secara langsung terhubung pada sinus kavernosus yang terletak di bagian otak. Sehingga kondisi seperti infeksi pada area ini dapat menyebabkan dampak yang cukup fatal. Misalnya berupa kehilangan penglihatan, kelumpuhan, radang selaput otak, hingga kematian.

Itulah beberapa bahaya ketika sering memencet jerawat. Kemungkinan terburuknya, memencet jerawat ini bisa sampai mengakibatkan kematian pada seseorang. Untuk itu jika jerawat sudah parah, konsultasikan dengan ahlinya ya sahabat muslimah. Semoga bermanfaat.

Last modified on Kamis, 19 November 2020 10:37

Leave a Comment