Mana yang Lebih Baik, Sunscreen atau Sunblock?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah pasti pernah merasa kebingungan dengan dua produk ini, sunscren dan juga sunblock. Keduanya mungkin terlihat sama, tetapi nyatanya dua produk ini berbeda lho. Selain namanya yang jelas berbeda, fungsi dan kandungan yang ada di dalam pelindung tabir surya tersebut pun berbeda.

Sunscreen dianggap hanya bisa membuat lapisan untuk melindungi kulit dari sinar matahari, ada sinar matahari yang terserap dan ada juga yang tidak bisa diserap dalam kulit. Sedangkan sunblock dianggap mampu menghalangi atau memblokir semua jenis sinar matahari, UVA dan juga UVB.

Nah, lalu apa sih perbedaan antara sunscreen dan sunblock lainnya? Dilansir dari laman Health dan Hellosehat berikut perbedaan keduanya.

Perbedaan dasar sunscreen dan sunblock

Sunscreen, atau tabir surya, adalah lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit kamu.

Sedangkan Sunblock mengandung mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang membangun lapisan di atas permukaan kulit, berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari. Sunblock dapat menjadi rekomendasi perlindungan terbaik jika memiliki aktivitas berjam-jam di bawah sengatan matahari, seperti berenang atau bermain di pantai.

Di sisi lain, Sunblock mengandung bahan mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida yang secara fisik dapat menghalangi kulit dari paparan sinar UV.

Jadi, perbedaan utama sunblock dan sunscreen terletak pada caranya melindungi kulit dari sinar UV. Dinamai Sunblock karena secara harfiah memblok sinar UV, sedangkan sunscreen mengandung bahan kimia yang menyerap sinar UV pada kulit.

Metode pemakaian

Sunblock dan Sunscreen juga memiliki metode pemakaian yang berbeda. Karena sunscreen hanya bekerja jika diserap oleh kulit, maka perlu dioleskan. Namun, untuk sunblock kamu harus mengoleskannya lebih merata, karena sinar UV dapat mengenai bagian kulit mana pun yang terbuka, sekecil apa pun. Jika sunblock tidak digosok, biasanya ia akan meninggalkan bekas putih pada kulit, sedangkan sunscreen tidak.

Umumnya, sunscreen dirancang untuk melindungi dari sinar UVA, yang meningkatkan kerusakan kulit. Hadirnya sunblock diformulasikan untuk menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB, yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Keduanya juga dapat membantu mencegah keriput dan kulit terbakar.

Manakah yang lebih baik sunscreen atau sunblock?

Sebenarnya tidak ada produk yang lebih baik satu dari yang lain, baik sunscreen atau sunblock sama-sama berfungsi optimal untuk mencegah efek buruk sinar UV. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Untuk penggunaan sehari-hari tentu sunscreen lebih efektif karena teksturnya yang ringan dan hasil transparan saat diaplikasikan pada kulit. Semua sunscreen dan sunblock hadir dengan SPF (Sun Protection Factor).

American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan SPF minimal 30, yang dapat menghalangi 97% sinar UVB. Tapi ingat, meski angka SPF yang lebih tinggi menghalangi lebih banyak sinar UVB matahari, tidak ada sun protection yang bisa memblokir 100% darinya.

Semoga bermanfaat ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment