Hati-hati! 5 Bahan Alami Ini Justru Akan Merusak Kulitmu

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Saat ini, banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli skincare dan pergi ke salon untuk merawat wajahnya. Namun, ada juga dari mereka yang memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah.

Tetapi tahukah Sahabat Muslimah, walaupun disebut bahan-bahan alami, ternyata tidak semuanya aman digunakan untuk perawatan kulit wajah, lho. Jika kamu salah pilih, bukannya cantik yang didapat, tapi justru akan menimbulkan masalah kulit lainya. Karena ada beberapa bahan alami yang sebenarnya tidak disarankan untuk dioleskan langsung ke kulit.

Mau tahu bahan-bahan apa saja yang harus kamu hindari saat ingin melakukan perawatan wajah sendiri? Yuk, simak informasi berikut.

1. Lemon

Banyak wanita mengira perasan lemon dapat bermanfaat jika dioleskan pada wajah sebagai toner. Selain digunakan sebagai toner, buah lemon juga merupakan bahan yang sering digunakan sebagai masker atau scrub wajah. Biasanya digunakan dengan cara menggosok-gosokkannya langsung ke kulit wajah atau mengaplikasikan air perasan lemon ke kulit wajah.

Namun ternyata anggapan tersebut salah. Sebenarnya, lemon berpotensi menimbulkan iritasi pada wajah karena memiliki pH yang sangat rendah, yaitu 2. Adapun pH alami kulit wajah kita adalah 4,7-5.

2. Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan sebagai masker wajah dengan terlebih dahulu mencampurnya dengan madu. Sebenarnya, bahan ini tidak disarankan karena berpotensi menimbulkan iritasi pada wajah terutama untuk kulit wajah yang sensitif. Penggunaan kayu manis pada wajah sama berisikonya dengan pemakaian perasan lemon dan baking soda karena sama-sama dapat mengubah PH pada kulit.

3. Putih Telur

Selama ini penggunaan telur mentah sebagai masker dipercaya dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Padahal justru telur mentah sangat berisiko karena mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika tidak sengaja menelannya. Jika disebarkan pada kulit wajah bukan tidak mungkin akan menyebabkan alergi, terutama pada kamu yang mempunyai kulit sensitif.

4. Baking Soda

Selain krim dan produk kecantikan, banyak orang yang percaya bahwa baking soda mampu mempercepat proses menghilangkan jerawat. Baking soda sendiri memang bisa bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Tidak heran, banyak orang yang percaya, bahwa baking soda, dapat digunakan untuk mengobati jerawat.

Selain itu, banyak juga yang menjadikan baking soda sebagai bahan untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Sebenarnya, bahan ini tidak disarankan untuk diaplikasikan ke kulit wajah karena berpotensi menimbulkan iritasi pada wajah karena memiliki pH yang sangat tinggi, yaitu 9.

5. Cuka

Siapa yang telah terpengaruh tren cuka apel atau apple vinegar beberapa waktu lalu? Pasalnya penggunaan cuka apel pada wajah disinyalir dapat mengobati jerawat yang meradang. Entah jadi toner ataupun campuran pada masker bubuk. Namun, ternyata cuka apel termasuk bahan alami yang sebetulnya tidak disarankan untuk langsung dioles pada kulit.

Cuka apel memiliki kadar pH yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2-3. Mengoleskan bahan yang ber-pH asam tinggi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah yang sensitif. Beberapa contoh kasus bahkan melaporkan asam dari cuka dapat menyebabkan terjadinya luka bakar kimia pada kulit wajah, apalagi jika dibiarkan dalam waktu lama.

Nah itulah dia bahan-bahan alami yang selama ini banyak dipercaya dapat memberikan banyak manfaat. Jadi, kalau ingin melakukan perawatan dengan bahan alami biasakan untuk research atau browsing dulu ya Sahabat Muslimah, agar kamu tahu bahan yang digunakan aman atau tidak untuk kulit wajah.

Semoga bermanfaat.

2 comments

  • Comment Link Anita Anita Minggu, 29 November 2020 11:23

    Kalau saya sih....konsumsi lemon untuk menambah immune tubuh, untuk mengindari flu apalagi musim covid begini

    Report
  • Comment Link Juliana Juliana Minggu, 29 November 2020 11:19

    Kayu manis juga bermanfaat mengobati diabetes dan sudah ada dijual dalam bentuk bubuk

    Report

Leave a Comment