5 Tips Ampuh Agar Percaya Diri saat Wawancara Kerja

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Kamu seorang pencari kerja? Atau sedang mempersiapkan diri untuk melamar kerja? Jika iya, kamu harus baca tips makin percaya diri saat wawancara kerja ini.

Proses interview kerja merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh oleh para jobseeker. Karena tahap ini merupakan gerbang pembuka lolos atau tidaknya kamu ke perusahaan tersebut. Beberapa dari kita awalnya pasti akan merasa grogi untuk menghadapi interview kerja. Itu adalah hal yang wajar dirasakan. Namun tak perlu khawatir berlebihan, lebih baik kamu mempersiapkan diri lebih matang untuk menghadapinya dan bisa memberi hasil terbaik dalam interview kerja.

Pasalnya salah satu faktor yang akan membuat HRD atau pewawancara terkesan untuk menerima kamu bekerja adalah rasa percaya diri. Meski sebenarnya kamu gugup, percaya diri bisa dibangun dari tips-tips di bawah ini. Dilansir dari berbagai sumber apa saja tips-tipsnya? Keep scrolling!

1. Lakukan Power Posing

Pertama mulailah perhatikan body language kamu. Seorang ahli bahasa tubuh bernama Amy Cuddy mempelajari bahwa “power posing” atau memposisikan tubuh yang percaya diri (meski sebenarnya tidak pede) mampu berpengaruh pada tingkat testoteron dan kortisol di otak kita, lho. Inilah yang membuat kita merasa semakin percaya diri. Dengan kata lain, rasa percaya diri tersebut bisa dibuat dengan cara kita duduk dan memposisikan tubuh. Fake it 'till you make it.

2. Self-Talk

Apa yang buat kamu gugup saat interview kerja? Apakah saat bertatap muka dengan pewawancara, saat berbicara, atau saat memasuki ruangan interview? Cobalah menulisnya ke dalam daftar.

Setelah itu, tulislah apa yang ingin kamu sampaikan kepada dirimu sendiri saat hal yang buat gugup tersebut terjadi. Tulis self-talk ini dengan kata-kata positif, seperti “Akulah orang terbaik untuk posisi pekerjaan ini. Perusahaan itu pasti membutuhkan aku.” Dengan begitu, kamu akan merasa baik-baik saja dan rasa percaya diri pun muncul. Mulailah dari pikiran positif, ya!

3. Saat wawancara kerja kamu harus Fokus pada Proses Interview

Untuk memaksimalkan rasa percaya diri saat wawancara kerja, penting untuk tahu tata cara interview. Lebih baik terhubung dengan pewawancara dibanding berusaha membuatnya terkesan. Jawablah pertanyaan yang diberikan dan berikan tanggapan baik pada apa yang mereka ucapkan.

Fokuslah pada proses interview sehingga kamu bisa mempresentasikan diri kamu dengan baik. Percayalah, semakin kamu fokus dengan tujuan, maka rasa gugup, cemas, dan ragu tidak mudah menghampiri.

4. Ketika memulai wawancara kerja usahakan Tampil Menarik

Menurut publikasi Universitas Radford, “Behavioral Interviews: It’s Not What You Know, It’s What You Did”, rasa percaya diri sangat erat kaitannya dengan penampilan yang menarik. Beberapa studi juga menjelaskan pelamar kerja yang menarik cenderung dapat tawaran dan gaji yang baik.

Maka, pastikan buat dirimu semenarik mungkin selama wawancara kerja, misalnya dengan cara jabat tangan yang tegas, kontak mata langsung, postur tubuh yang bagus, cara komunikasi yang santai namun bersemangat dan antusias. Percayalah, hal ini akan membuatmu terlihat semakin meyakinkan di mata HRD dan pewawancara.

5. Berpakaian yang Rapi dan Profesional

Salah satu cara to feel good about yourself adalah dari cara berpakaian. Pakailah baju yang kamu senangi dan membuat kamu merasa lebih percaya diri. Namun, pastikan tetap rapi, ya. Pakailah pakaian formal untuk bekerja jika kantor tersebut menerapkan baju kantoran. Tapi jika kantor tersebut memiliki lingkungan kreatif, pakailah baju bergaya smart casual.

Supaya penampilan kamu terlihat profesional, pakailah aksesori berupa tas dan jam tangan yang memang cocok untuk work dressing.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, masih banyak kok perusahaan yang melakukan proses rekrutmen. Meski wawancara kerja dilakukan melalui virtual, kamu tetap bisa tampil profesional dengan jam tangan. Karena yang terlihat adalah bagian atas tubuhmu, jadi tidak ada salahnya pakai jam tangan untuk menunjang tampilanmu agar lebih menarik.

Itulah beberapa tips agar lebih percaya diri saat proses interview kerja. Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya, Sahabat Muslimah!

Leave a Comment