Musim Hujan Tiba, Yuk Pahami Beda Gejala Flu Biasa dengan Covid-19

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Mengingat Indonesia masih diselimuti wabah corona, masyarakat menjadi lebih khawatir saat membedakan flu biasa dengan flu yang mengindikasikan Covid-19. Ditambah lagi, Indonesia sedang memasuki musim hujan dan flu juga tak dapat dihindarkan. Lalu apa beda keduanya?

Perlu diketahui bahwa flu biasa dan gejala Covid-19 sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Namun, virus ini tentunya berasal dari golongan dan karakteristik yang berbeda. Virus yang menyebabkan flu biasa berasal dari golongan Rhinovirus. Sedangkan, virus Covid-19 berasal dari golongan Coronavirus.

Berikut perbedaan gejala flu biasa dengan Covid-19 yang perlu kamu ketahui dari Alodokter.

Flu biasa

Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Gejala-gajalanya adalah sebagai berikut:

Bersin-bersin
Hidung tersumbat dan berair
Sakit tenggorokan
Sakit kepala ringan
Batuk
Demam (jarang)
Gejala-gejala tersebut biasanya muncul 1–3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit. Dalam masa penyembuhan, flu biasa akan memakan waktu 4-9 hari tergantung sistem imun tubuh kamu. Semakin kuat sistem imun, maka kamu akan semakin cepat sembuh.

COVID-19

Sama seperti flu biasa, virus Covid-19 juga menginfeksi saluran pernapasan. Namun, gejala yang dikeluhkan biasanya terdapat pada saluran pernapasan bagian bawah. Virus Corona bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil atau menyusui serta bayi dan anak-anak. Munculnya gejala Covid-19 ini disebabkan oleh reaksi tubuh untuk melawan virus Corona.

Ada 3 gejala utama yang mengindikasikan seseorang terpapar virus Corona, yaitu:

Demam tinggi
Batuk
Sesak napas
Pasien yang mengalami gejala tersebut juga bisa mengalami gangguan pengecapan atau penciuman, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Bahkan parahnya lagi, virus Covid-19 dapat menyebabkan gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru-paru), edema paru dan gangguan organ-organ tubuh lainnya. Namun, gejala ini tidak selalu terjadi pada pasien Covid-19. Sebab, kasus pasien tanpa gejala juga sudah banyak ditemukan, lho!

Jika kamu merasakan gejala yang mirip dengan gejala Covid-19, kamu dapat mengisolasi diri secara mandiri terlebih dulu. Adapun cara yang dapat kamu lakukan sebagai penanganan pertama, yaitu dengan minum obat peringan flu dan duduk dengan posisi yang baik untuk mengatasi sesak napas.

Jika gejala yang dirasakan semakin parah, jangan takut untuk periksakan dirimu ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

Pola hidup yang sehat adalah cara terbaik untuk menghindari berbagai jenis penyakit, termasuk virus Covid-19. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum vitamin, olaharaga dengan teratur dan selalu menjaga kebersihan, imun tubuh akan terus meningkat untuk menangkal virus yang membahayakan tubuh. Yuk, perhatikan kesehatanmu sekarang!

 

Leave a Comment