4 Rekomendasi Produk Kecantikan yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, kamu mungkin seringkali merasa bingung dengan pengelolaan uang untuk skincare dan biaya perawatan yang serba mahal. Namun, kali ini kamu tak perlu khawatir karena Muslimahdaily memiliki solusinya, yakni dengan membuat sendiri produk kecantikan di rumah aja.

Tak memerlukan bahan yang serba mahal, yang terpenting adalah ketelitian untuk membaca informasi dan pengolahan bahan-bahan di sekitar kamu yang bermanfaat untuk wajah. Kiranya Sahabat Muslimah pasti tahu, misalnya ketika melihat sheetmask yang memiliki kandungan timun, berarti bahan dasar yang dapat digunakan untuk wajah adalah timun.

Kebanyakan produk kecantikan memiliki bahan dasar alami, sehingga mudah untuk diolah dan tidak memerlukan keahlian khusus, banyak pula penelitian-penelitian yang bisa dicari mengenai bahan alam tersebut untuk membantu Sahabat Muslimah dalam mengolah produk kecantikan sendiri di rumah.

Dirangkum dari Bright Side, berikut tiga produk alami yang bisa Sahabat Muslimah coba olah sendiri di rumah.

1. Soda Kue (pasta gigi)

Sahabat Muslimah bisa memutihkan gigi dengan membuat pasta gigi alami dari soda kue. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan soda kue dan larutkan dengan 4 sendok air, pasta yang dihasilkan dapat digunakan untuk menggosok gigi. Penggunaan rutin bisa memutihkan gigi secara alami.

Namun, perlu diingat bahwa pemakaian yang terlalu sering sangatlah tidak baik

"Memang baking soda dapat membantu menghilangkan noda pada gigi terutama stain yang disebabkan rokok, teh, kopi dan makanan lainnya, maka setelah noda hilang gigi dapat terlihat lebih bersih dan kembali putih seperti warna semula.Namun penggunaan baking soda ini tidak baik apabila dilakukan terlalu sering untuk gigi karena sifatnya yang abrasif dapat merusak permukaan gigi dan gusi," ujar drg. Arni Maharani seperti dilansir dari laman Klik Dokter.

2. Lemon (waxing)

Tak hanya kesehatan, ternyata lemon juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah sebagai bahan campuran gula bubuk yang dapat digunakan sebagai lilin waxing alami. Dengan produk ini, Sahabat Muslimah bisa menghilangkan rambut yang tidak diinginkan pada tubuh.

Cara membuatnya pun cukup mudah, siapkan gula bubuk, perasan air lemon, dan 2 cangkir air. Campurkan semua bahan tersebut sampai warnanya menjadi kuning keemasan dan menggumpal, simpan di lemari es terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Gampang kan?

3. Minyak Kelapa (lip balm)

Minyak kelapa biasa digunakan untuk membasuh makeup yang ada pada wajah oleh sebagian beauty enthusiast, namun siapa sangka bahwa minyak ini memiliki banyak manfaat, salah satunya menjadi bahan dasar lipbalm.

Kandungan minyak kelapa yang memiliki kadar kelembaban yang tinggi membuatnya menjadi bahan alami pada lip balm yang ada di pasaran. Padahal, dengan budget yang tipis Sahabat Muslimah bisa menciptakan produk lip balm sendiri.

Caranya pun mudah, dengan mencampurkan 2 sendok teh gelatin, 2 sendok makan minyak kelapa, dan 3-4 tetes minyak esensial lemon dan panaskan ketiga bahan tersebut ke dalam microwave sampai akhirnya tercampur rata. Tuang ke dalam wadah, dan voila! lip balm yang Sahabat Muslimah inginkan sudah jadi.

4. Mentimun (lulur segar)

Mentimun ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, oleh karena itu banyak yang menggunakan timun sebagai bahan dasar produk kecantikan. Hal ini juga bisa dilakukan oleh Sahabat Muslimah untuk membuat lulur yang segar, kandungan antioksidan yang ada pada timun dapat melembabkan dan membuat kulit tampak segar alami.

Untuk membuatnya, Sahabat Muslimah hanya perlu mempersiapkan 1/4 mentimun, 3/4 cangkir gula putih, 2 sendok makan minyak kelapa, dan 8-10 tetes minyak esensial peppermint. haluskan semua bahan, dan simpan dalam lemari es.

Nah, bagaimana nih Sahabat Muslimah, ada yang sudah mencoba membuat produk kecantikan di atas atau tertarik untuk mencoba?

Leave a Comment