Stres Karena Pandemi? Pelukan ‘Butterfly’ ini Berguna Untuk Hilangkan Kecemasan

ilustrasi ilustrasi

MuslimahDaily – Kondisi pandemi di seluruh dunia membawa perubahan pada aspek kehidupan, dari segi kesehatan secara umum hingga kesehatan mental. Peraturan kehidupan normal baru membuat banyak orang beradaptasi dan dihadapkan dengan stress.

Kekhawatiran akan pandemi yang terus terjadi membuat risau dan cemas menjadi cepat tertular. DItambah lagi masalah finansial akibat pekerjaan yang dialihkan di rumah membuat banyak yang terdampak PHK. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka kecemasan itu akan berdampak buruk pada kesehatan mental. Untuk itu, Muslimahdaily memiliki tips untuk menghilangkan tingkat kecemasan yang cukup ampuh.

Melansir dari laman wildtreewellness, pelukan ‘butterfly’ atau pelukan kupu-kupu dapat berfungsi untuk mengurangi kecemasan dan dipercaya dapat membuat diri lebih tenang atau rileks. Tapi, pelukan ini tidak dilakukan oleh dua orang ya, Sahabat Muslimah. Pelukan ini dilakukan untuk diri sendiri.

Pelukan kupu-kupu ini pertama kali dikembangkan oleh dua praktisi, Lucina Artigas dan Ignacio Jarero yang saat itu harus menenangkan orang-orang yang selamat dari badai Pauline di Meksiko tahun 1998. Metode ini kemudian kembali tenar karena salah satu drama asal Korea Selatan. Pemeran utama dalam drama tersebut melakukan pelukan kupu-kupu saat dirinya merasa sedih, takut, dan kesepian.

Faktanya, metode ini berhasil membuat perasaan korban badai Pauline menjadi lebih baik, sehingga metode ini dikembangkan menjadi praktik standar yang digunakan oleh dokter dan psikolog yang berkembang di lapangan. Metode ini juga dinilai cocok untuk membantu pasien yang melewati masa-masa trauma.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi, pelukan ini juga tidak hanya digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan. Namun pelukan ini juga dapat menyalurkan perasaan yang terpendam, seperti rasa kehilangan. Selain keefektifannya dalam metode pengobatan psikologis, pelukan kupu-kupu ini juga mudah dilakukan, berikut ini caranya,

1. cari tempat yang tenang, atur nafas dan tarik nafas sampai merasa lebih fokus pada perasaan diri sendiri,

2. silangkan kedua tangan di dada dengan kedua telapak tangan naik ke bahu atau tulang leher,

3. tepukkan tangan di atas bahu secara perlahan dan bergantian selama 30 detik atau sampai perasaan jauh lebih baik,

4. setelah merasa tenang, tarik nafas dalam-dalam dan buang nafas perlahan.

Nah itu tadi metode yang bisa Sahabat Muslimah lakukan ketika merasa cemas di manapun berada. Bahagia Selalu, ya!

Leave a Comment