Waspadai 5 Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily – Ketahanan tubuh di kondisi pandemi ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang untuk menangkal virus, kuman, dan bakteri yang dapat menyerang imunitas. Ketika virus dan bakteri tersebut menyerang imunitas tubuh, maka akan menganggu kesehatan dan mengancam tubuh lebih sering terkena penyakit.

Biasanya, pola hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi kekebalan tubuh. Namun ternyata tak hanya itu saja, lho Sahabat Muslimah. Ada banyak hal yang tanpa kita sadari dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun. Bahkan tak jarang hal-hal tersebut sering kita lakukan.

Oleh karena itu, berikut ini Muslimahdaily merangkum 7 hal yang tanpa sadar dapat menurunkan sistem imun tubuh. Dilansir dari healthline.com dan medicalnewstoday, yuk simak!

1. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Pasalnya aktivitas sehari-hari yang padat membutuhkan istirahat, tapi tidak dijalankan dengan baik sehingga badan yang terasa pegal dan lelah. Kondisi ini seringkali membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Terlebih lagi, saat kita tertidur, organ-organ tetap bekerja terutama sel-sel dalam darah yang bertugas melawan infeksi dalam tubuh. Ketika tidak mendapat istirahat yang cukup, sel-sel dalam darah tidak akan berfungsi dengan baik karena tubuh terlalu lelah.

2. Depresi

Menurut WHO (World Health Organization) setidaknya sebanyak lebih dari 300 juta orang di dunia mengalami depresi. Depresi sendiri diartikan sebagai gangguan mental yang ditandai dengan perasaan sedih, lelah, dan lesu serta emosi yang berlebihan dan berkelanjutan.

Kondisi ini sering kali dibarengi dengan kurangnya percaya diri yang mengganggu psikologis seseorang dan menurunkan tingkat konsentrasi. Oleh karena itu, dengan depresi yang tak kunjung ditangani dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun karena kurangnya fokus kesehatan terhadap diri sendiri menurut penelitian dari Ohio University.

3. Olahraga Berlebihan

Olahraga memang dibutuhkan oleh tubuh, namun ketika kegiatan itu terlalu berat dilakukan, maka akan membahayakan diri sendiri. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan akan membuat tubuh kita tidak bisa beradaptasi dengan baik. Olahraga berlebihan ini disebut juga sebagai sindrom overtraining yang akan meningkatkan stres dan perubahan drastis pada tubuh. 

4. Kurang Sinar Matahari

Semenjak pandemi datang, banyak anjuran terutama dari WHO untuk selalu berjemur di bawah terik sinar matahari pagi. Hal ini untuk menunjang imunitas tubuh yang kuat. Berjemur di bawah sinar matahari juga membuat tubuh terhindar dari paparan infeksi yang berbahaya karena kebutuhan Vitamin D pada tubuh tercukupi dengan baik.

Meskipun begitu, tidak seterusnya sinar matahari itu baik untuk tubuh. Molekul yang dilepas dari sinar tersebut dapat menyebabkan flek hitam dan juga penyakit kulit lainnya sehingga harus diperhatikan porsinya, ya.

5. Stres

Mengalami stres memang hal yang wajar bagi tiap manusia. Terlebih lagi ketika kita dihadapkan pada sebuah tekanan dan tanggung jawab. Stres biasanya  ditandai dengan perasaan cemas dan sakit kepala yang berlebihan. Bahkan tak jarang membuat penderitanya memiliki ketahanan tubuh yang tidak baik. Hal ini karena stres yang diakibatkan membuat kekebalan tubuh seperti dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk melindungi tubuh dari ancaman kesehatan.

Walaupun wajar dan umum dialami, stres tidak sebaiknya dibiarkan terjadi terus menerus. Ada banyak cara untuk melepas stres. Sahabat Muslimah bisa menemukan cara kamu masing-masing, ya.

Nah itu tadi 5 hal yang dapat mengurangi kekebalan tubuh kamu. Mulai sekarang hindari hal-hal di atas, ya. Jangan lupa juga terapkan pola hidup sehat dan jaga diri selalu ya, Sahabat Muslimah!

Leave a Comment