Skincare Kamu Tidak Bekerja? Mungkin Kamu Melewatkan Satu Step Penting Ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Apakah Sahabat Muslimah menggemari skincare? Atau sedang rutin menggunakan skincare? Sudah menggunakan berbagai produk tapi kok rasanya enggak ada perubahannya, ya?

Sahabat Muslimah, tahukah kamu kalau skincare perlu waktu dan cara yang tepat agar bisa membuahkan hasil. Bisa jadi kamu melewatkan satu satu step penting di bawah ini. Yuk simak apa sih step penting yang tak boleh terlewatkan agar skincare mu dapat bekerja dengan baik!

Yap, step melakukan deep cleansing atau double cleansing dinilai sebagai tahapan penting yang nggak boleh terlewatkan. Pasalnya, membersihkan wajah terkadang tak cukup dengan air dan facial wash saja. Apalagi membersihkan make-up tebal. Deep cleansing adalah salah satu tahap penting karena dapat mencegah pori-pori tersumbat, bahkan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Teknik deep cleansing ini tidak hanya bertujuan untuk mengahpus make-up tebal, tetapi juga dapat menghilangkan komedo hingga sel kulit mati. Berikut ini beberapa teknik deep cleansing yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Hapus make-up sesuai kebutuhan

Pertama, hapus make-up dengan make-up remover khusus untuk menghapus lipstik, eyeliner, eye shadow, dan mascara. Selanjutnya, kamu bisa gunakan first cleanser sesuai tipe kulit kamu untuk menghapus foundation, bedak, hingga primer.

First cleansing sebenarnya dapat dilakukan bagi kamu pemilik kulit berminyak maupun kulit kering. Hanya perbedaannya terletak pada produknya saja, nih. Sahabat Muslimah yang memiliki kulit kering, sensitif ataupun berjerawat sebaiknya memilih first cleanser seperti milk cleanser, micellar water, atau cleansing balm. Sementara pemilik kulit berminyak sebaiknya memilih micellar water atau cleansing oil. 

2. Bersihkan dengan air hangat

Langkah selanjutnya adalah membersihkan produk first cleanser kamu dengan air hangat. Hal ini bertujuan unutk membuka pori-pori kulit, kotoran debu dan sisa make-up dapat menyumbat pori-pori.

Caranya adalah, dengan menuang air hangat ke baskom. Lalu dekatkan wajah dan tutup kepala dengan memakai handuk agar uap air hangat hanya tertuju pada wajah. Uap air hangat dapat membuka pori-pori sehingga sisa make-up dan debu bahkan komedo bisa lebih mudah keluar. Setelah itu basuh air hangat ke wajah secara perlahan hingga seluruh produk tak bersisa.

3. Eksfoliasi sel kulit mati

Selanjutnya sksfoliasi. Teknik ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, agar kulit dapat beregenerasi dengan sel kulit baru. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan washcloth atau handuk kecil berbentuk persegi atau bisa juga dengan menggunakan scrub sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Teknik ini dapat membuat kulit menjadi lebih bersih.

Walaupun penting, namun deep cleansing hanya boleh dilakukan setidaknya dua kali dalam seminggu lho Sahabat Muslimah. Di samping itu, teknik ini juga sebaiknya dilakukan setelah kamu mengaplikasikan makeup tebal. Gunanya untuk mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang tidak hilang dengan dua tahap pembersihan akibat menempel di lapisan kulit wajah yang lebih dalam.

Kulit wajah yang bersih dapat membuat skincare kamu bekerja lebih efektif. Karena wajah yang bersih dapat membantu skincare untuk menyerap ke dalam kulit, dan memperbaiki masalah kulit serta merawat kesehatan kulit.

Jadi sudahkah kamu melakukan deep cleansing ini Sahabat Muslimah? Kalau belum, selamat mencoba! Semoga artikel ini dapat membantu.

Leave a Comment