Kenali 5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanan Aromanya

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, tahu engga, sih? Ternyata parfum banyak jenisnya, lho. Hal ini wajib kalian ketahui agar tidak menyesal setelah membeli. Jenis-jenis parfum ini dibedakan dari ketahanan wanginya.

Parfum merupakan salah satu item wajib bagi seseorang yang sering bepergian, terlebih jika sahabat muslimah merasa tubuh rentan dengan produksi keringat yang berlebih. Pasalnya bau badan tak jarang mengganggu penampilan dan membuat kamu jadi tak percaya diri.

Untuk menghindari hal-hal yang membuat badan kita bau, tentu saja pilihan parfumnya harus pas. Namun, terkadang memilih varian parfum bisa membuat Sahabat Muslimah bingung jika tidak mengenal jenis parfum tersebut. Setiap jenis parfum pun memiliki aroma dan ketahanan yang berbeda, kira-kira apa ya yang membuat mereka berbeda?

Sebelum membahas lebih lanjut, jenis parfum juga dibedakan dari komposisinya, sehingga setiap parfum memiliki 'notes' untuk memadupadankan setiap bahannya. 'Notes' tersebut dibagi ke dalam tiga kategori yang menjadi identitas parfum tersebut, di antaranya adalah top, middle, dan base.

Top Notes sendiri merupakan wewangian yang berasal dari sitrus, buah-buahan, atau tanaman lainnya sehingga wangi yang dihasilkan pada awalnya tidak akan sama dengan hasil akhir. Wangi pada hasil akhir merupakan karakter asli dari parfum top notes tersebut, sehingga wanginya tergolong ringan dan cepat memudar.

Sedangkan Middle Notes berarti parfum dengan kandungan buah-buahan dan bunga serta campuran bahan lain seperti kayu manis, pala, dan kapulaga. Karakter asli dari parfum dengan komposisi ini akan lebih tahan lama memudar daripada kategori Top Notes.

Kategori yang terakhir adalah Base Notes, parfum dalam kategori ini memiliki komposisi yang terbuat dari bahan-bahan seperti cedarwood, sandalwood, vanilla, amber, oak dan bahan menarik lainnya sehingga kategori ini lebih tahan lama dibanding kedua notes di atas.

Nah setelah mengenal kategori parfum menurut komposisinya, Sahabat Muslimah sudah tahu kan bahwa parfum juga memiliki jenis yang berbeda untuk tiap-tiap ketahanan aromanya? Sama halnya dengan yang ada di pasaran, parfum yang sering kita jumpai adalah parfum dengan jenis Eau de Perfume dan Eau de Toilette.

Jenis parfum itu dibedakan dari kandungan kadar konsentratnya, semakin besar kadarnya semaki tahan lama wangi yang dihasilkan. Dan ternyata tidak hanya dua jenis parfum yang wajib Sahabat Muslimah ketahui, lho. Ada 3 jenis lainnya yang bisa dijadikan rekomendasi wewangian sesuai kesukaan kalian. Yu simak rangkuman Muslimahdaily mengenai 5 jenis parfum berikut ini.

1. Eau de Perfume (EDP)

Bagi kalian yang suka mengoleksi parfum pasti sudah tidak asing dengan jenis ini. Parfum ini dikenal dengan ketahanannya yang maksimal dan banyak dijual di pasaran. Konsentrat EDP sendiri adalah 15-20% yang membuat parfum dapat bertahan selama 4-5 jam pemakaian. Bahkan, jika kandungan komposisinya baik, parfum ini akan tahan hingga 8 jam lamanya, lho!

2. Eau de Toilette (EDT)

Jenis parfum yang kedua juga tak kalah tenar. Yang membedakannya dengan EDP adalah tingkat ketahanan EDT kurang dari EDP, parfum jenis ini memiliki ketahanan hanya 2-3 jam dalam sehari karena kandungan konsentratnya senilai 5-15%. Sehingga parfum ini hanya cocok digunakan untuk kalian yang tidak beraktivitas secara berlebihan. Meskipun begitu, parfum ini biasanya jauh lebih murah dari EDP.

3. Eau de Cologne (EDC)

Parfum jenis ini memiliki ketahanan yang rendah, jauh dari EDP dan EDT. Kadar Konsentratnya hanya 2-4% sehingga hanya tahan maksimal 2 jam. Namun, cologne akan menjadi sahabat sejati keseharianmu karena harga yang lebih bersahabat dan dapat digunakan kapan saja.

4. Eau Fraiche

Jenis parfum Eau Fraiche memiliki kadar konsentrat terendah dengan 1-3% saja, dengan kualitas terbaiknya dalam komposisi, Eau Fraiche dapat bertahan hingga 1-2 jam saja. Sehingga Eau Fraiche lebih cocok untuk digunakan sebagai penyegar dibandingkan parfum.

Nah, setelah mengenal 4 jenis parfum dengan ketahanan aromanya, ternyata ada 1 jenis parfum dengan kadar konsentrat tertinggi, yaitu:

5. Extraite de Perfume

Parfum ini seharusnya menduduki posisi teratas, namun untuk sedikit berbeda, kejutan ini dikhususkan untuk kalian Sahabat Muslimah agar menjadikan parfum dengan jenis ini sebagai holy grail kalian kemanapun pergi! Terutama kalian yang sering bepergian atau travel dengan pesawat, bus, yang memakan waktu lama di jalan. Pasalnya, jenis parfum ini dapat bertahan hingga 8 jam! dengan kandungan konsentratnya sebanyak 20-30%.

Itu tadi kelima jenis parfum yang bisa dibedakan dari ketahanan aromanya, Sahabat Muslimah sudah punya yang mana nih?

Leave a Comment