Sering Stres saat Mengatur Keuangan? Yuk Lakukan Tips Ini!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Hidup yang penuh dengan kebutuhan mengharuskan kita untuk pandai-pandai mengelola keuangan. Pasalnya ketidakseimbangan anatara kebutuhan dan pemasukan yang ada terkadang membuat bingung dan hal ini seringkali menyebabkan stres.

Selain untuk mengatasi stres itu sendiri, mengelola keuangan akan bermanfaat bagi rencana-rencana kamu di masa depan. Mulai dari memprediksi kemampuan untuk berumah tangga, hingga merencanakan penghasilan tetap untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Untuk itulah kemampuan mengelola keuangan penting dimiliki oleh kita semua sejak dini.

Berikut ini, Muslimahdaily rangkum tips menghindari stres saat mengelola keuangan, dilansir dari laman American Psychological Association. Yuk simak!

1. Amati pengeluaran

Dengan mengamati tiap pos pengeluaran, Sahabat Muslimah akan lebih efektif dalam mengelola keuangan kedepannya. List-list kebutuhan yang dibuat akan memperlihatkan pengeluaran lebih jelas dan masuk akal. Lebih jelasnya, sahabat akan tahu kemana uang itu digunakan dan dalam jumlah berapa banyak yang dibutuhkan.

2. Tetapkan pengeluarkan 

Banyak orang melakukan rencana terlebih dahulu tanpa memperhatikan pengeluarannya setiap bulan. Bukan tidak boleh, melainkan sebaiknya tidak terlalu fokus pada rencana. Pasalnya kalau terlalu fokus pada rencana akan membuat kamu lelah. Pengeluaran menjadi tidak pas karena tidak sesuai dengan rencana yang dibuat.

3. Temukan titik stress dan buatlah rencana dari titik itu

Maksud dari tips ini adalah untuk menelaah keadaan atau kondisi Sahabat Muslimah saat mengelola uang. Kalian harus lebih mengenal tentang apa yang membuat pengelolaan uang begitu rumit, tulis masalah itu dan buatlah rencana dari kerumitan yang ada.

Contohnya, jika sahabat Muslimah kerap kesulitan untuk membayar tarif listrik atau air, maka fokuskan rencana untuk mencari solusi mengenai hal tersebut terlebih dahulu sebelum mencari solusi untuk pengelolaan uang pada masalah yang lain.

4. Tahan nafsu

Tips yang satu ini tak kalah penting. Terutama bagi Sahabat Muslimah yang kurang bisa menahan nafsu untuk berbelanja, membeli produk yang tidak penting atau hanya sekadar menghambur-hamburkan uang untuk jalan-jalan. Untuk menahan nafsu ini, kamu bisa meninggalkan dompet dan seluruh isinya saat bepergian, siapkan uang yang pas-pasan agar mengurungi niat sahabat untuk berbelanja.

5. Butuh Vs Ingin

Sahabat Muslimah seharusnya tau mana yang harus dijadikan prioritas dalam mengatur keuangan. Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda tipis namun jika dikaitkan dengan uang, keduanya akan terlihat sama. Untuk melakukan tips ini, pikirkan kembali apa fungsi dari barang atau produk yang diinginkan, akankah Sahabat Muslimah membutuhkan barang tersebut untuk jangka waktu yang lama? atau hanya sekadar pemuas diri?

6. Cari dukungan

Nah tips ini adalah cara terbaik. Mintalah tips dari mereka yang telah berhasil mengelola uang dengan baik. Temukan seseorang yang akan memberi sahabat dukungan untuk menjadi sukses dan membantu di kala susah. Sebagaimana mengelola berdua tak sebanding jika dilakukan sendiri.

Nah itu tadi tips yang bisa Muslimahdaily berikan kepada kalian untuk mengelola kesehatan diri dalam mengatur keuangan hidup. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi, Sahabat Muslimah bisa menghadiri acara Webinar Akbar dengan 7 pembicara kondang yang dihadirkan oleh Muslimah Daily bertemakan "Be A Better Muslimah" yang akan diisi dengan ilmu-ilmu tentang mengelola uang, parenting, dan juga persiapan pernikahan. Info lebih lanjut kontak Instagram @muslimahdailycom ya! Jangan sampai ketinggalan.

Untuk daftar, silakan klik di sini.

Leave a Comment