Wajib Tahu! Ini Tips Memilih Face Oil sesuai Jenis Kulit

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Face oil menjadi salah produk perawatan wajah yang tengah digandrungi oleh pecinta skincare sejak tahun 2018. Tak hanya dapat melembapkan kulit, face oil diyakini mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Mulai dari menghindrasi kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, penuaan dini, serta dapat menjaga elastisitas kulit.

Kendati demikian, masih banyak wanita yang bingung tentang cara menggunakan face oil. Produk satu ini perlu diaplikasikan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal lho Sahabat Muslimah. Untuk kamu yang tertarik mencoba menggunakan face oil, yuk simak tips berikut ini yang Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber!

Memilih Face Oil Sesuai Jenis Kulit

Jenis dan bahan face oil sangat beragam, lho Sahabat Muslimah. Masing-masing dibuat untuk mengatasi kebutuhan kulit yang berbeda. Maka dari itu sangat penting memerhatikan bahan utama pada produk face oil yang akan kamu gunakan. Pilih face oil sesuai jenis kulit atau masalah yang sedang dialami kulit kamu, ya. Ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu atau membaca bahan-bahan dengan seksama.

Kulit Berminyak

Jika kamu memiliki kulit berminyak pasti sempat skeptis dengan produk skincare ini lantaran nama oil yang disandangnya. Karena khawatir kulit akan semakin berminyak bila memakai face oil. Padahal, face oil cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Umumnya, pemilik kulit berminyak rentan mengalami permasalahan kulit seperti komedo dan jerawat.

Untuk mengatasinya, ada beberapa rekomendasi kandungan face oil untuk kulit berminyak, yaitu tea tree oil, rosehip oil, grape seed oil, serta jojoba oil. Kandungan tersebut ampuh mengurangi minyak berlebih, tidak menyumbat pori-pori, serta dapat menghilangkan jerawat.

Kulit Normal dan Kombinasi

Jenis kulit normal memiliki keseimbangan antara kandungan air dan minyak sehingga kulit tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Selain itu, jenis kulit ini juga tidak mengalami banyak permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, kering, kusam dan iritasi.

Sedangkan, kulit kombinasi memiliki permasalahan minyak berlebih dan pori-pori besar di area T-zone (dahi, hidung, dan dagu), namun cukup kering di area pipi. Jadi, baik kulit normal maupun kombinasi dapat menggunakan face oil jenis apapun seperti minyak jojoba, marula oil dan minyak argan.

Kulit Kering

Pemilik kulit kering kerap kali mengalami permasalahan kulit. Seperti kulit kusam, iritasi, kering hingga bersisik. Hal ini disebabkan kurangnya kandungan air dan minyak dalam kulit. Oleh karena itu, untuk Sahabat Muslimah yang memiliki kulit kering harus memilih minyak esensial yang dapat melembabkan sekaligus menghidrasi kulit.

Face oil yang cocok digunakan untuk kulit kering adalah olive oil, avocado oil, coconut oil, almond oil, marula oil dan juga squalane oil. Face oil ini mengandung asam lemak yang dapat membantu mengatasi kulit kering.

Cara Tepat Mengaplikasikan Face Oil

Sahabat Muslimah, kamu perlu memahami cara menggunakan face oil yang benar juga. Agar dapat merasakan manfaatnya, cara terbaik mengaplikasikan face oil adalah dengan menuangkan beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu gosokkan ke kedua tangan agar suhunya lebih hangat. Dengan begitu face oil akan lebih mudah dan cepat terserap ke dalam kulit.

Setelah digosokkan ke kedua telapak tangan, tekan-tekan ke kulit wajah sampai face oil menyerap sempurna. Tekan sambil diamkan beberapa saat ke setiap area wajah agar manfaatnya lebih maksimal.

Untuk Sahabat Muslimah yang memiliki kulit berminyak, kamu dapat menggunakan face oil ini saat malam hari karena produksi minyak alami kulit semakin rendah di malam hari. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit kering, kamu dapat menggunakan face oil ini di pagi hari guna memberi kelembapan ekstra pada kulit.

Itulah tips menggunakan face oil sesuai dengan jenis kulit. Jadi Sahabat Muslimah tak perlu ragu lagi dalam menggunakan produk skincare yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment