Galau dengan Tujuan Hidup? Yuk Kenalan dengan Quarter Life Crisis dan Cara Mengatasinya

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily – Sahabat Muslimah sedang merasa galau akhir-akhir ini? Atau mudah marah dengan keadaan dan kondisi yang sedang dialami? Bisa jai kamu sedang mengalami Quarter Life Crisis. Tapi, apa sih Quarter Life Crisis itu dan bisa tidak ya diatasi? Yuk simak penjelasan Muslimahdaily yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Apa itu Quarter Life Crisis?

Dilansir dari Zippia.com, quarter life crisis adalah suatu periode waktu di mana seseorang akan merasa bingung, dan terus-menerus menanyakan jati dirinya untuk menemukan titik di mana mereka merasakan suatu kenyamanan pada diri sendiri. Hal ini biasa dialami oleh anak-anak remaja menuju dewasa mulai dari 20-30 tahun. Keadaan ini umumnya dikarenakan seseorang yang merasa terjebak akan tujuan hidup mereka, tidak terinspirasi akan hal apapun, juga merasa banyak mengkhayal akan sesuatu yang belum tentu terwujud.

Contoh yang sering terjadi mengenai quarter life crisis pada seseorang adalah ketika mereka merasa sulit mendapatkan pekerjaan, dan seringkali membanding-bandingan diri sendiri dengan teman yang sudah terbilang sukses menurut pandangannya. Atau bahkan, ketika semua teman sudah menikah dan mereka tertinggal sendiri. Dan lebih buruknya, pemikiran ini membuat mereka tidak tahu kemana tujuan hidup mereka sebenarnya.

Beberapa hal yang bisa mengindikasikan bahwa Sahabat Muslimah sedang mengalami Quarter Life Crisis:

1. Mencari banyak peluang pekerjaan, namun tidak mengetahui kemampuan diri sendiri atau keahlian yang patut ditonjolkan dari dalam diri. Sering kali juga disertai dengan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain yang dianggap sudah sukes.

2. Merasa sedih ketika harus tinggal di rumah sendiri karena tidak suka dengan kesepian. 

3. Mencari hubungan yang serius untuk menyemangati diri padahal belum tentu sudah siap untuk menjalin hubungan yang serius. Tak jarang juga disertai rasa cemas karena sudah banyak banyak teman yang menikah.

4. Sudah melakukan banyak perhitungan dan rencana akan masa depan sehingga akan membentuk harapan bagi diri sendiri dan berpikir besar akan harapan tersebut dapat terwujud

Menghadapi Quarter Life Crisis

Dengan hal-hal yang disebutkan di atas, pasti Sahabat Muslimah akan merasa galau jika harapan-harapan yang disusun tak kunjung datang, hal ini merupakan fase yang sangat tidak menguntungkan dan melelahkan. Meskipun begitu, quarter life crisis bisa diatasi dengan perlahan-lahan menelaah kesalahan-kesalahan yang diperbuat dan belajar dengan pengalaman yang terjadi sebelumnya.

Selain itu, Sahabat Muslimah juga harus berpikir bahwa mengalami quarter life crisis merupakan hal yang wajar karena ini merupakan proses untuk mencari jati diri dan menjadikan diri sebagai pribadi yang lebih baik lagi. Selain cara-cara tersebut, berikut yang dapat Sahabat Muslimah lakukan untuk mengatasi quarter life crisis.

1. Berikan waktu pada diri sendiri untuk berpikir

Dilansir dari Zencare, quarter life crisis tidak akan teratasi jika sahabat tidak mau memberikan waktu untuk diri sendiri berpikir akan apa yang menganggu kalian. Meskipun kalian berusaha untuk menutupi gangguan itu dengan bekerja semalaman, atau giat belajar untuk mengalihkan pandangan diri terhadap masalah dan gangguan yang ada, maka akan semakin terasa kebingungan yang tertanam dalam diri. Hal ini akan menyiksa diri kalian karena bukan menyelesaikan masalah tetapi membuat adanya masalah baru.

Untuk itu, berikan waktu untuk diri sendiri mengenal seberapa besar kemampuan dalam mengendalikan sesuatu di antaranya dengan membuat beberapa list. Jadikan diri kalian sebagai seorang pendongeng dan buat list gambaran mengenai alur ceritanya. Cara ini akan membuat kalian lebih mengerti apa yang dibutuhkan saat sedang mengalami kondisi yang tidak memungkinkan.

2. Temukan cara untuk mengatasi kesepian

Salah satu faktor yang memperparah Quarter Life Crisis adalah kesepian. Di saat Sahabat Muslimah enggan bersosialisai dan membiarkan kesepian semakin berlarut, hal inilah yang membuat kamu jadi mudah marah. Pergi lah dengan teman selagi bisa, tidak harus setiap hari, lakukan hanya jika kalian merasa kalian butuh menghirup udara dan suasana yang berbeda dari sebelumnya. Karena yang memahami diri kalian adalah diri kalian sendiri, orang lain hanya mengamati, lakukan yang terbaik dan atasi kesepian itu!

3. Komunikasikan Pemikiranmu

Terkadang banyak orang merasa kurang percaya diri dengan tanggapannya sendiri terhadap sesuatu. Padahal hal ini penting, komunikasi membentuk pribadi dan karakter seseorang sehingga penting untuk sahabat Muslimah mengkomunikasikan ide, pemikiran, dan hal lainnya kepada orang lain dibanding harus menyimpannya sendiri dan menjadi beban.

Kamu tidak harus mengkomunikasikannya secara detail, cukup ceritakan hingga kalian merasa tenang dan mendapat feedback atau alasan lain untuk tetap mengukuhkan pemikiranmu. Pasalanya apa yang keluar dari dalam dirimu adalah hal yang paling penting.

4. Jangan takut berubah

Ini adalah hal yang paling banyak dikhawatirkan banyak orang ketika mengalami quarter life crisis menurut American Psychologist Association. Hal ini karena kebanyakan dari mereka yang mengalami quarter life crisis telah begitu nyaman dengan apa yang dihasilkan sehingga dalam memandang masa depan yang tidak terjamin akan kedatangannya, maka mereka memilih ‘jalur aman’dengan tidak merubah sedikitpun karakter yang dibawakan oleh dirinya sendiri.

Hal ini juga membuat diri tidak bebas. Padahal kebebasan itu penting untuk kalian, lho. Bukan begitu Sahabat Muslimah? Dengan kebebasan, kita tidak akan merasa terkekang dan terikat oleh sesuatu. Bebas mengekspresikan diri dan bangga akan itu.

5. Jangan biarkan gelarmu menjadi identitasmu

Stigma masyarakat akan “Pendidikan tinggi, pekerjaan akan tinggi juga”, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjadikan gelar sebagai identitas menuju karir yang tinggi. Padahal percuma jika usaha yang dilakukan tidak sama. Hal ini akan membuat Sahabat Muslimah terpacu dengan waktu dan menganggap diri telah gagal jika tidak berhasil meraih sesuatu di umur 20-30 tahun.

Untuk itu, kita harus lebih pandai dalam menentukan jalan kehidupan yang akan ditempuh. Ambil nafas perlahan dan ingat bahwa kita hanya hidup sekali, lakukan dengan senang hati, jangan paksakan diri, sesuatu yang memang pantas akan datang sesuai dengan usaha yang dilakukan diri sendiri.

Itu tadi pengenalan mengenai Quarter Life Crisis dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat untuk Sahabat Muslimah, ya!

Leave a Comment