Awas! Ini 4 Pertanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka

ilustrasi ilustrasi
Muslimahdaily - Dari banyaknya rangkaian skincare, menuci wajah dengan fascial wash adalah salah step paling penting dan tak boleh terlewatkan. Namun, siapa sangka, banyaknya pilihan facial wash yang membuat Sahabat Muslimah bingung untuk menyesuaikan dengan kondisi kulit terkadang membuat kita salah dalam memilih facial wash yang tepat.

Kesalahan itu dapat berupa dari kandungan-kandungan dalam produk facial wash, atau jenis yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kita, nih Sahabat Muslimah. Tak jarang juga kesalahan tersebut dapat menimbulkan hal yang tidak kita inginkan pada wajah kita, mulai dari jerawat, breakout, hingga rusaknya skin barrier. 

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja tanda-tanda jika Sahabat Muslimah salah dalam memilih facial wash, simak penjelasan Muslimahdaily yang dilansir dari laman Beautynesia berikut ini.

1. Wajah mengalami breakout parah

Berbeda dengan jerawat biasa, breakout dapat muncul di mana saja bahkan pada seluruh wajah. Breakout sendiri merupakan reaksi wajah yang dikarenakan ketidakcocokan akan zat aktif yang berada dalam produk yang digunakan. Reaksi itu pertama kali disebabkan dengan adanya penyumbatan pori-pori hingga memunculkan jerawat dan iritasi.

Breakout juga disebabkan karena facial wash yang digunakan mengandung banyak busa atau alkohol yang dapat merusak permukaan kulit. Akhirnya bakteri penyebab jerawat dapat dengan mudah muncul pada wajah.

2. Kulit kemerahan, kasar, dan kusam

Selain breakout, penggunaan fascial wash yang salah tidak akan memperbaiki masalah kulit kamu. Alih-laih membaik, justru kulit kamu akan menjadi merah, kasar, dan kusam.

Kulit kemerahan bisa jadi tanda bahwa sahabat Muslimah salah dalam memilih facial wash. Kondisi ini seringkali diderita oleh orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Ketika facial wash yang digunakan tidak cocok maka, wajah akan mengalami kekeringan dan kering sehingga tidak terlihat fresh. Kulit kasar dan kusam juga bisa disebabkan oleh kesalahan memilih sabun cuci.

3. Produksi minyak wajah berlebih

Pernahkah Sahabat Muslimah memilih facial wash untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, namun ternyata hasilnya malah semakin berminyak? Tandanya kamu salah dalam memilih jenis facial wash yang digunakan. Terlebih wajah berminyak tidak boleh sembarangan memilih facial wash, lho! Jadi hati-hatilah sebelum inu terjadi padamu ya sahabat Muslimah.

4. Kulit tertarik

Efek kulit tertarik juga merupakan pertanda kamu salah pilih facial wash. Hal ini menandakan bahwa sabun wajah yang digunakan tersebut telah mengganggu permukaan kulit wajah dan menghilangkan minyak alami pada kulit sehingg pH kulit tidak seimbang dan menyebabkan kulit terasa tertarik.

Untuk mencegah kejadian di atas, hendaknya sahabat lebih pintar menggali informasi mengenai kondisi kulit masing-masing juga produk yang akan digunakan, cek kembali kandungan yang ada di dalamnya dan cocokkan kembali dengan kondisi kulitmu, semoga informasi ini akan membantu kalia ya, Sahabat Muslimah!

Leave a Comment