Jangan Percaya Lagi! Ini 7 Mitos Skincare yang Perlu Kamu Tahu

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, siapa di sini yang mengaku sebagai pecinta skincare? Perawatan kulit memang sangat penting untuk menunjang penampilan. Namun, ada beberapa mitos tentang skincare yang masih dipercaya banyak orang, lho Sahabat Muslimah.

Yang lebih memprihatinkan adalah banyak orang yang menerima mitos-mitos tersebut tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Nah, agar Sahabat Muslimah enggak bingung lagi, yuk simak lebih lanjut mitos seputar skincare yang perlu kamu tahu yang sudah Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber.

1. Mitos: Mencuci wajah cukup 2 kali dalam sehari

Fakta: Mencuci wajah boleh lebih 2 kali sehari.

Sahabat Muslimah, mencuci wajah merupakan rangkaian yang tak boleh terlewat. Waktu yang tepat untuk mencuci wajah adalah pada pagi dan malam hari. Mencuci wajah di pagi hari akan membantu mengangkat sisa skincare yang tak terserap oleh kulit, dan mencuci wajah pada malam hari membantu untuk membersihkan wajah dari sisa make up, debu, bahkan paparan polusi yang dapat menyumbat pori-pori.

Namun, jika Sahabat Muslimah rajin berolahraga, sangat disarankan untuk membersihkan wajah setelah olahraga, terlebih lagu olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Karena olahraga akan mengeluarkan banyak keringat dan bercampur dengan debu, atau kotoran yang akan merusak kulit. Maka setelah olahraga sebaiknya langsung membersihkan wajah.

Perlu diperhatikan juga untuk selalu memakai pelembap atau moisturizer setelah mencuci wajah, ya Sahabat Muslimah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit kering setelah minyak diangkat dari wajah.

2. Mitos: Es batu dapat mengecilkan pori-pori

Fakta: Es batu tidak bisa mengecilkan pori-pori secara permanen.

Banyak dari kita yang merasa terganggu saat melihat pori-pori besar di wajah. Padahal, pori-pori adalah bagian wajah yang alami dan tidak bisa dihilangkan. Namun tidak jarang kita melihat perawatan wajah untuk mengecilkan pori-pori dengan es batu.

Sebenarnya, es batu dapat menyamarkan tampilan pori-pori karena membuat kulit mengerut. Namun, setelah efek dinginnya menghilang, ukuran pori-pori akan kembali seperti semula.

3. Mitos: menggunakan make up dapat menimbulkan jerawat.

Fakta: secara umum menggunakan make up tidak akan menimbulkan jerawat.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah memilih make up sesuai dengan jenis kulit, dan perhatikan juga tanggal kadaluarsanya. Hal ini akan menghindari kamu dari timbulnya jerawat.

Untuk Sahabat Muslimah yang menggunakan make up setiap hari. Jangan lupa untuk memperhatikan make up yang akan digunakan dan selalu jaga kebersihan alat make up. Kemudian, jangan pernah lupa untuk menghapus make up sebelum tidur.

4. Mitos: kulit berminyak tak butuh pelembap

Fakta: semua jenis kulit membutuhkan pelembap.

Banyak yang berpendapat bahwa perawatan yang satu ini hanya dibutuhkan untuk seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Namun, itu tak sepenuhnya benar, ya Sahabat Muslimah.

Pemilik kulit berminyak juga memerlukan pelembap. Hal perlu diperhatikan adalah gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, agar manfaatnya lebih maksimal.

5. Mitos: semakin tinggi SPF, ampuh untuk melindungi kulit

Fakta: kadar tinggi SPF bukan berarti semakin ampuh melindungi kulit.

Sahabat Muslimah, masih banyak yang meyakini bahwa tingginya angka SPF pada tabir surya mampu memberi perlindungan pada kulit. Namun, hal itu tidak benar ya karena kadar tinggi pada SPF tak berarti mampu melindungi kulit lebih baik.

Angka yang ada pada sunscreen merujuk pada seberapa lama sunscreen memberi perlindungan aktif pada kulit. Misalnya, SPF 30 artinya dibutuhkan waktu sekitar 300 atau 5 jam, hingga kulit mulai memerah. 

Yang perlu Sahabat Muslimah perhatikan adalah penggunaan sunscreen harus diulangi setiap tiga jam. Jadi kalau Sahabat Muslimah tidak mengulangi pemakaian sunscreen, maka tidak akan memberi perlindungan yang maksimal sebesar apapun angka SPF-nya.

6. Mitos: melakukan eksfoliasi setiap hari agar kulit tak kusam

Fakta: sering eksfoliasi dapat menyebabkan rusaknya skin barrier.

Eksfoliasi adalah salah satu perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Penggunaan scrub yang terlalu sering dan menggosoknya terlalu keras dapat membuat kulit rusak lho Sahabat Muslimah. Kulit akan menjadi lebih tipis, karena lapisan teratasnya jadi terkikis. Jadi kamu cukup melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu.

7. Mitos: semakin mahal harga skincare, maka semakin bagus.

Fakta: produk skincare yang bagus tak selalu mahal.

Perlu diketahui bahwa, perawatan kulit yang baik adalah yang disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit. Terlebih, seringkali produk yang mahal maupun produk yang harganya bersahabat memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda.

Efektivitas sebuah produk bekerja akan bergantung pada respon kulit terhadap kandungan yang ada dalam produk. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Sahabat Muslimah lebih berfokus pada bahan produk yang ada pada skin care.

Nah, itu dia mitos seputar skin care yang perlu kamu tahu nih Sahabat Muslimah, jadi jangan mudah percaya dengan mitos yang beredar jika tidak mengecek kebenarannya dulu ya. Ada baiknya jika kamu berkonsultasi dengan ahli agar mendapatkan perawatan yang baik untuk kulitmu. Semoga artikel ini dapat membantu.

Leave a Comment