×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Waspadai 5 Tanda Ini Bukti Pasangan Kamu Melakukan Play Victim

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, apakah kamu pernah merasa sangat bersalah pada pasangan kamu padahal kesalahan tersebut berasal dari dia sendiri? Kalau iya, bisa jadi pasangan kamu adalah seseorang yang melakukan play victim.

Play victim adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memposisikan dirinya sebagai korban. Biasanya playing victim dilakukan seseorang karena tidak nyaman dengan kemarahannya sendiri, atau bisa juga untuk melindungi dirinya dengan mengubah alur cerita dan bersikap seolah dialah yang menjadi korban.

Nah, seseorang yang melakukan play victim cenderung memanupulasi keadaan seakan dirinya menjadi korban, itulah mengapa disebut play victim. Tentu saja hal ini tidak baik dalam suatu hubungan. Agar Sahabat Muslimah terhindar dari hal ini, yuk simak tanda-tanda apa saja ketika pasangan kamu melakukan playing victim.

1. Menunjukkan tanda ingin dikasihani

Tanda yang pertama adalah mereka pandai merangkai cerita dengan alur seolah-olah ia adalah korban, sehingga banyak orang akan berpihak padanya. Meski kenyataannya dia yang membuat kesalahan, justru dialah akan cenderung pandai memanipulasi cerita atau bahkan situasi seolah kamu lah yang bersalah dan dia adalah korbannya. Pada akhirnya kamu akan mempercayai situasi tersebut dan membuat kamu jadi lebih bersalah. 

2. Selalu merasa ‘diserang’

Menjalin sebuah hubungan pasti akan banyak rintangannya, terlebih jika kamu dan pasangan beradu argumen terhadap masalah yang tengah dihadapi. Setiap kamu mengungkapkan sesuatu tentang kondisi hubungan kalian, ia akan merasa “diserang” oleh semua perkataanmu. Meskipun hal itu mungkin adalah nasehat atau saran agar hubungan kalian menjadi lebih baik, bukannya berkompromi ia akan mencoba mencari pembenaran untuk membentengi dirinya.

3. Menolak saat dirinya disalahkan

Sahabat Muslimah, perlu kamu ketahui bahwa pelaku playing victim biasanya akan sulit bahkan enggan meminta maaf. Dia beranggapan bahwa minta maaf akan membuat harga dirinya jatuh. Tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada hubungan kalian. Karena ia akan menjadi pribadi yang egois dan merasa punya kontrol terhadap pasangannya dengan bertindak sebagai korban.

4. Membuat masalah kecil menjadi besar

Jika pasangan kamu sering membesar-besarkan masalah kecil, maka kamu perlu berhati-hati, nih Sahabat Muslimah. Bisa jadi ini adalah salah satu tanda ia sedang memainkan peran sebagai korban dalam hubungannya denganmu. Hal ini terjadi karena dia ingin membuat kamu menjadi pihak yang bersalah dalam masalah yang kalian hadapi dengan menyerang emosimu.

5. Menghindari pendapat tentang dirinya

Tanda terakhir bahwa pasangan kamu melakukan play victim adalah ia sering enggan mendengar pendapat orang lain tentang perilaku maupun sikapnya. Dia juga tak mau menghadapi kenyataan bahwa dirinya adalah toxic atau racun dalam hubungan kalian. Sayangnya, hal ini akan membuat dia tidak bisa melihat kesalahannya sendiri. Bahkan, ia tidak merubah dirinya jadi lebih baik karena tidak menyadari kekurangan yang ada pada dirinya.

Nah itu dia tanda-tanda jika pasangan kamu melakukan playing victim. Sejatinya dalam suatu hubungan yang baik harus diawali dengan komitmen dan komunikasi yang baik. Jika kamu menyadari bahwa pasangan kamu melakukan playing victim, yuk lakukan sesuatu agar hubungan kamu menjadi lebih baik. Semoga ulasan ini dapat membantu, ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment