×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

7 Tanda Seseorang Sudah Siap Menikah, Apakah Kamu Salah Satunya?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, bagi sebagian wanita menikah adalah sebuah keputusan besar dan penuh tanggung jawab. Pernikahan juga menjadi salah satu momen yang paling dinantikan dan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Nah, Sahabat Muslimah perlu memiliki kesiapan yang sangat matang untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Di sisi lain, tak semua wanita merasa bahwa dirinya siap untuk menikah.

Terkadang keraguan dan ketakutan juga menyelimuti perasaan kita terlebih, jika kamu pernah merasakan patah hati di masa lalu. Jika kamu masih dilanda keraguan, yuk simak lebih lanjut tanda kamu sudah siap menikah. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Akil Balig Serta Berakal

Syarat utama seorang muslim siap menikah adalah akil balig serta berakal. Syarat utama ini tentu menjadikan manusia untuk selalu belajar. Dalam membangun rumah tangga kedua belah pihak, suami maupun istri harus mau mematangkan diri, selalu belajar, dan menimba ilmu agama.

Tak perlu menunggu ibadah dan amal yang sempurna ya Sahabat Muslimah. hal ini justru membuat seseorang tak kunjung melaksanakan pernikahan, karena merasa ibadahnya belum sempurna. Cukup sempurnakan niat dan akal, sehingga nantinya kamu dapat terus belajar menyempurnakan ibadah, amal dan ilmu bersama pasangan kamu kelak.

2. Mampu memenuhi tanggung jawab

Banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh orang yang sudah menikah, sehingga kadang membuat sebagian orang cenderung takut untuk melanjutkan hubungannya ke jenjang pernikahan. Sebagian besar dari mereka siap bertanggung jawab atas diri sendiri, tapi belum tentu siap bertanggung jawab untuk pasangan.

Misalnya, suami berkewajiban memberi pakaian kepada istrinya, memberi makan serta menyediakan tempat tinggal sesuai kadar kesanggupannya. Bersamaan dengan hal itu, istri berkewajiban pula untuk menerima penunaian tanggung jawab suami dengan hati terbuka, tidak menuntut suami untuk memberikan sesuatu yang diluar kemampuan suami, serta tanggung jawab pernikahan lainnya.

3. Memiliki bekal ilmu

Sahabat Muslimah, edukasi pranikah itu merupakan hal penting yang harus kamu ketahui sebelum menikah ya. Namun, kamu tak perlu memiliki ilmu yang sempurna, akan tetapi cukup memiliki bekal dasar ilmu agama. Pasalnya, perlunya ilmu agama ini agar kamu tahu peran kamu sebagai istri dan semua hal yang dilakukan dalam rumah tangga.

4. Mandiri

Sejatinya orang yang sudah siap menikah adalah mereka yang mampu mengurus dirinya sendiri tanpa orang lain. Namun, bukan berarti setelah menikah kamu bisa mengandalkan pasangan untuk mengurus dirimu, ya.

5. Siap secara mental

Kesiapan mental menjadi sebuah keharusan untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan. Pasalnya, menikah tidak selalu indah seperti masa pengenalan. Kalau Sahabat Muslimah mampu menjadi pendengar yang baik saat orang bercerita, berbicara jujur meskipun yang dibicarakan menyakitkan, siap menghadapi kekurangan pasangan, itu artinya secara mental kamu sudah matang.

Pasalnya, kesehatan mental akan memudahkan kamu dan pasangan untuk berdiskusi soal perencanaan keluarga. Serta kamu dapat menyelesaikan masalah secara cepat dan tepat.

6. Siap finansial

Sahabat Muslimah, siap secara finansial bukan berarti harus memiliki banyak tabungan ya. Siap finansial artinya, sudah memiliki pendapatan tetap sehingga mandiri dalam hal keuangan. Jangan sampai sudah menikah, tapi masih terus membebani orang tua atau anggota keluarga lain.

7. Siap menjadi orang tua

Sahabat Muslimah, memang tidak semua orang yang menikah langsung memiliki anak. Namun, kamu harus sudah siap menjadi orang tua karena itu adalah konsekuensi dari proses reproduksi. Jika kamu mampu mengatur waktu di kehidupan sehari-hari, mengetahui cara perawatan kesehatan reproduksi, mengetahui peran dan tanggung jawab sebagai suami atau istri, artinya kamu sudah siap menikah.

Sahabat Muslimah, itu dia tujuh tanda jika kamu siap menikah. Jika kamu sudah melewati tanda-tanda tersebut, inilah saatnya bagi kamu untuk menikah. Sebaiknya, Sahabat Muslimah terapkan syari'ah dalam diri sebelum mendampingi suami serta anak-anaknya kelas agar rumah tangga senantiasa mendapat ridha dari Allah Ta'ala.

Nah, kalau Sahabat Muslimah merasa sudah memiliki tanda-tanda di atas, kamu bisa tambah ilmu pengetahuan kamu mengenai pernikahan dengan ikut webinar Muslimahdaily bulan Februari ini. Salah satu kelasanya membahas seputar tips membangun rumah tangga harmonis ala millenial. Bersama Anggun Kurniasari, founder Birdetalk, kamu akan mendapatkan ilmu berharga mengenai pernikahan. 

Untuk mendaftar, silakan klik di sini.

Last modified on Selasa, 16 Februari 2021 17:31

Leave a Comment