Perlukah Menggunakan Sunscreen saat Musim Hujan?

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan menggunakan sunscreen sudah pasti menjadi kewajiban. Karena penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar UV yang dapat mengakibatkan kulit terbakar dan ancaman kanker kulit.

Namun belakangan ini cuaca cenderung mendung bahkan sering turun hujan, sehingga matahari seakan tidak terlihat. Nah, kalau sudah begini pasti sebagian dari kita akan ragu untuk menggunakan sunscreen. Masih perlukan menggunakan sunscreen meski cuaca sedang mendung? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Sinar UV tetap ada meski cuaca hujan

Meskipun tengah memasuki musim penghujan, paparan sinar ultraviolet akan tetap ada, lho Sahabat Muslimah. Hal tersebut lantaran bentuk sinar UV itu bukan cahaya melainkan radiasi. Terlebih sinar UV A saat hujan justru datang lebih kuat dan pada sinar UV B yang menyebabkan luka bakar melemah saat hujan.

Pasalnya, ketika cuaca hujan atau sedang berawan, sinar UV dapat menembus awan begitu juga jendela kaca. Karena secara teknis, bentuk sinar UV bukanlah cahaya, melainkan radiasi.

2. Pentingnya menggunakan sunscreen dalam kondisi apapun

Dari penjelasan sebelumnya, Sahabat Muslimah sudah tahu kan kalau sinar UV akan tetap ada meski cuaca hujan sekalipun. Ada kalanya cuaca dapat berubah, dari yang tadinya mendung dan cenderung berawan namun di pertengahan jalan bisa jadi matahari muncul dengan teriknya. Jadi Sahabat Muslimah dianjurkan untuk membiasakan diri menggunakan sunscreen.

3. Sinar UV akan tetap ada meski di dalam ruangan sekalipun

Sahabat Muslimah, perlu kamu ketahui bahwa sinar UV selain dapat menembus awan, juga mampu menembus kaca. Oleh karena itu, jika kamu melakukan aktivitas di dalam ruangan yang memiliki jendela, sinar UV juga dapat masuk ke ruangan.

Selain itu jika kamu beraktivitas dalam ruangan dan menggunakan lampu, itu juga dapat memancarkan sinar UV meski dalam jumlah yang sedikit. Jadi Sahabat Muslimah dianjurkan untuk tetap menggunakan sunscreen saat kamu berada di ruangan yang berjendela. Penggunaan sunscreen ini juga sudah terbukti dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan DNA mitokondria imbas dari sinar UV.

 

Sahabat Muslimah, itu dia mengapa kita perlu menggunakan sunscreen saat musim hujan ataupun di dalam ruangan. Tentu saja terpapar sinar UV dalam waktu yang lama dapat merusak kulit mu dan kamu pastinya tak ingin itu terjadi. Mulai sekarang biasakan gunakan sunscreen, ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment