5 Penyebab Kenapa Kamu Sering Pusing Mendadak saat Berdiri

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, mungkin sebagian dari kamu pernah mengalami pusing mendadak saat duduk maupun berdiri, tiba-tiba kamu merasa dunia berputar, pusing, dan membuat tubuh tidak seimbang. Umumnya, rasa pusing ini tidak akan berlangsung lama. Biasanya butuh beberapa detik saja untuk berdiam diri hingga rasa pusing itu hilang.

Namun, tahukah kamu mengapa rasa pusing tersebut muncul saat kita berdiri? Berikut beberapa penyebab pemicu pusing mendadak yang Muslimahdaily lansir dari berbagai sumber:

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika kamu bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah kamu belum bergerak secara lancar di area kepala. Dalam medis, hal ini dikenal sebagai hipotensi ortostatik, yakni keadaan penurunan tekanan darah secara drastis ketika kamu berdiri.

2. Dehidrasi

Salah satu penyebab pusing mendadak saat berdiri adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal ini terjadi karena 80% dari otak kita terdiri dari air. Ketika kamu mengalami dehidrasi, jaringan otak akan kehilangan air sehingga otak akan mengecil dan menarik diri dari tengkorak. Ini memicu reseptor rasa sakit di sekitar otak, yang membuat kamu sakit kepala.

Dehidrasi juga menyebabkan volume darah kamu turun, lho Sahabat Muslimah. Hal tersebut membuat menurunnya aliran darah dan oksigen ke otak. Pelebaran pembuluh darah di otak akan menyebabkan pembengkakan dan memburuknya sakit kepala.

3. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Selain menimbulkan pusing secara mendadak, orang yang memiliki gula darah yang rendah juga dapat mengakibatkan kamu menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat.

4. Tekanan darah rendah

Seorang peneliti jantung mengatakan bahwa tekanan darah dapat diukur dengan sistolik (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan diastolik (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80). Ini lah mengapa alasan paling umum seseorang menjadi pusing bahkan pingsan, karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkikan aliran darah yang cukup ke otak. Seseorang yang mengalami pusing mendadak saat tekanan sistolik kurang dari 80.

5. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab pusing secara mendadak lainnya disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus. Kendati demikian, kondisi ini bisa sembuh dengan diberikan pengobatan yang tepat.

Sahabat Muslimah, itu dia beberapa penyebab kamu suka pusing mendadak saat berdiri. Meski terdengar sepele, jika hal ini terus berlangsung, baiknya jika kamu konsultasikan ke dokter ya Sahabat Muslimah. Agar terhindar dari penyakit yang serius.

Leave a Comment