×

Peringatan

JUser: :_load: Tidak dapat memuat pengguna denga ID: 12341

Simak 7 Persiapan Mental Jelang Pernikahan yang Wajib Kamu Miliki

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, untuk kamu yang kini akan menempuh ke jenjang pernikahan, tentu saja memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Pernikahan bukan hanya mempersiapkan sebuah acara resepsi yang indah dan bahkan tak terlupakan. Kamu juga perlu melakukan sejumlah persiapan mental untuk menghadapi tantangan dalam pernikahan.

Pasalnya, melaksanakan pernikahan menjadi keinginan pasangan yang merasa yakin satu sama lain. Menikah juga bukan berarti kamu hanya merasakan manisnya kehidupan bersama pasangan. Karena, dalam hidup ini tidak ada yang sempurna, selalu saja ada masalah dan rintangan yang harus dihadapi.

Mau tau apa saja persiapan tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini yang Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber:

1. Saling menghormati

Sahabat Muslimah, jika kamu hendak menikah pastinya kamu sudah menerima kekurangan dan kelebihan pasangan kamu. Namun tak hanya itu saja, respek atau saling menghargai sangatlah penting dalam sebuah pernikahan. Pasalnya, dengan saling menghargai dalam hubungan bisa dalam bentuk selalu jujur dalam berkomunikasi.

2. Memiliki kemampuan untuk saling beradaptasi

Sejatinya pasangan suami istri pasti memiliki karakter yang berbeda. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pun pasti tak sama. Begitu banyak hal yang harus disesuaikan. Mungkin saja ada hal-hal yang tidak kita sukai tapi kamu perlu melakukannya demi kebaikan bersama.

Untuk itu kamu perlu untuk bisa saling menyesuaikan diri atau beradaptasi. Seiring berjalannya waktu, kamu dan pasangan perlu berusaha untuk menekan ego pribadi demi keutuhan pernikahan. Karena sebuah pernikahan harus dijalani bersama. Maka prosesnya pun perlu dilalui dengan upaya saling menyesuaikan diri.

3. Memahami adanya perbedaan cara berkomunikasi

Langkah berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah meluangkan waktu untuk berbicara. Pasalnya, memiliki komunikasi yang baik dan saling terbuka merupakan persiapan mental pernikahan yang esensial. Umumnya, laki-laki kurang memahami apa yang dikehendaki oleh sang perempuan. Namun, bagi perempuan mereka selalu ingin didengar oleh laki-laki.

Maka dari itu, penting untuk memahami bahwa cara kita berkomunikasi bisa berbeda dengan cara pasangan kita berkomunikasi. Jadi, usahakan untuk selalu berkomunikasi sebaik-baiknya dengan menggunakan hati. Agar nantinya tidak ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi ketika menikah.

4. Tidak mudah stres

Setelah menikah, umumnya kamu akan dihujani dengan berbagai pertanyaan seperti kapan punya anak, kapan beli rumah baru, kapan beli mobil baru, kapan nambah momongan lagi. Nah, untuk itu kamu perlu mempersiapkan mental guna menghadapi berbagai tuntutan baru. Namun, bukan berarti semua tuntutan sosial perlu kamu penuhi, ya Sahabat Muslimah.

Hal tersebut karena kerap kali kita mudah stres dengan tuntutan orang lain terhadap kita. Untuk itu kamu perlu menjaga kenyamanan dirimu sendiri dan jangan memaksakan diri untuk memenuhi harapan semua orang.

5. Mampu mengatur emosi

Sahabat Muslimah, selain menjaga diri kamu untuk terhindar dari stres, langkah selanjutnya adalah kamu juga perlu mengatur emosi diri sendiri. Pasalnya, kehidupan rumah tangga pasti diisi dengan berbagai konflik. Oleh karena itu, salah satu persiapan mental pernikahan yang penting adalah mengenali tingkat emosi pasangan dan tingkat emosi diri kamu sendiri, nih Sahabat Muslimah. Hal ini akan membantu kamu untuk mengelola emosi dengan baik.

6. Mulai mengubah pola pikir

Cara mempersiapkan mental sebelum menikah yang selanjutnya adalah mulai merubah pola pikir. Seperti yang kita ketahui pernikahan adalah komitmen untuk tetap bersama selamanya. Hal ini tentunya membutuhkan kerja sama antara kamu dan pasangan mu nih Sahabat Muslimah.

Cobalah untuk merubah pola pikir, yang tadinya hanya berfokus pada ‘aku’ menjadi ‘kita’. Coba pahami juga pola pikir pasangan kamu, agar nantinya bisa saling menyelaraskan satu sama lain.

7. Terbuka mengenai keuangan

Sahabat Muslimah, tak jarang dari sebagian pasangan mengalami perceraian karena alasan keuangan. Oleh karena itu, jangan anggap tabu persoalan finansial dan jadikan sebagai bagian dari persiapan kamu sebelum menikah.

Ada baiknya Sahabat Muslimah diskusikan secara terbuka mengenai keadaan keuangan masing-masing sebelum menikah. Misalnya, pendapatan rutin, aset, serta masalah keuangan yang tengah dihadapi. Lalu, bicarakan juga rencana terkait finansial di masa depan. Hal ini akan membantu kamu dan pasangan untuk mengelola uang demi masa depan bersama.

Nah itu dia persiapan mental jelang pernikahan yang perlu kamu siapkan, semoga pernikahan yang akan kamu miliki dan jalani bisa menghadirkan kebahagiaan, ya Sahabat Muslimah.

Untuk belajar lebih banyak seputar dunai pernikahan, Sahabat Muslimah bisa ikut webinar Muslimahdaily bulan Februari ini. Salah satu kelasanya membahasa seputar ketakutan akan pernikahan dan cara mengatasinya. Bersama Karina Hakman, seorang marriage enthusiast, kamu akan mendapatkan ilmu berharga mengenai pernikahan. 

Untuk mendaftar, silakan klik di sini.

Last modified on Senin, 22 Februari 2021 12:10

Leave a Comment