Alami Breakout yang Tiba-tiba? Begini Cara Mengatasinya!

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, kamu pernah mengalami breakout? Atau justru sedang marasakannya sekarang? Breakout merupakan kondisi kulit yang megalami iritasi dan berjerawat. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang memerah dan muncul banyak jerawat. Breakout bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari ketidakcocokan dengan suatu produk makeup atau skincare hingga diakibatkan dari hormon dan stres.

Tak jangan para wanita maupun pria jadi panik ketika menghadapi breakout. Bagaimana tidak? Wajah yang semula mulus dan bersih, tiba-tiba terkesang banyak jerawat dan kusam. 

Kalau kamu sedang mengalaminya, jangan khawatir dulu, ya Sahabat Muslimah. Ada banyak cara untuk mengtasi breakout. Apa saja itu? Berikut rangkuman Muslimahdaily untuk kamu. 

1. Hindari menyentuh wajah

Perlu kamu tahu nih Sahabat Muslimah, menyentuh wajah secara terus menerus dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah sehingga hal ini akan memperburuk kondisi kulit. Sering menyentuh wajah juga membuat kelenjar sebaceous bekerja berlebihan. Hal ini akan menyebabkan produksi minyak berlebih, tentu saja ini akan memperburuk kondisi jerawat.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan tanganmu bersih sebelum menyentuh wajah. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan wajah secara rutin di pagi dan malam hari, ya. 

2. Kompres dengan es batu

Umumnya jerawat yang sudah matang akan berisi nanah dan membuat kulit menjadi iritasi bahkan meradang. Cara sederhana untuk menenangkan kulit yang berjerawat adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Caranya adalah bungkus beberapa es batu dengan waslap yang bersih, kemudian gosokkan dengan lembut pada kulit yang berjerawat. 

3. Menggunakan spot treatment

Sahabat Muslimah, muncul jerawat kadang disertai rasa nyeri di area tersebut. Untuk itu kamu perlu menggunakan spot treatment yang mengandung tea tree oil. Kandungan ini memiliki fungsi sebagai anti-bakteri yang kuat, sehingga bisa membantu membersihkan kulit secara mendalam dan menghilangkan jerawat.

Cara mengaplikasikannya adalah, campurkan 4-5 tetes tea tree oil dengan 12 tetes coconut oil atau almond oil, kemudian oleskan di atas jerawat yang membandel. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Cara ini akan membantu untuk membersihkan jerawat di wajahmu.

4. Hindari menggunakan make up dengan cara layering

Menggunakan make up dianggap sebagai cara terbaik untuk menyembunyikan jerawat. Kendati demikian, make up juga bisa memperburuk kondisi jerawat kamu, nih. Menggunakan riasan yang tebal justru dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, ketika breakout datang, hindari dulu penggunaan makeup seminimal mungkin. 

5. Perhatikan penggunaan produk perawatan rambut

Jika kamu mengalami breakout, penting untuk memperhatikan produk rambut apa yang kamu gunakan. Seperti kondisioner, shampo, serum atau hair spray yang mungkin saja itu bersentuhan dengan kulit kamu, terutama pada dahi. Ini juga merupakan salah satu alasan penyebab muncul nya jerawat. Jika kamu mengalami jerawat di daerah dahi, kamu perlu nih perhatikan produk perawatan rambut kamu. Bersihkan sisa produk rambut agar tidak menimbulkan efek buruk pada kulitmu.

Sahabat Muslimah, itu tadi cara apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi breakout. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan kebersihan serta produk apa saja yang bisa menyebabkan jerawat pada kulit mu.

Leave a Comment