Wajib Dilakukan! Ini Tips Merawat Kulit di Usia 30an

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, sebagian perempuan mungkin akan merasa khawatir saat memasuki usia 30 tahun. Pasalnya, pada usia ini akan ada beberapa masalah kulit seperti garis-garis halus, hiperpigmentasi, pori-pori membesar dan tak jarang pula wanita akan mengalami kulit kusam.

Namun, untuk kamu yang memasuki usia 30 tak perlu khawatir, ya. Karena hal ini bukanlah masalah besar jika kamu tahu bagaimana cara merawat wajah di usia 30-an.

Nah, untuk Sahabat Muslimah yang kini sudah memasuki usia 30 tahun, berikut cara merawat wajah agar kulit tetap sehat, bersinar dan senantiasa awet muda yang Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber.

1. Rajin membersihkan wajah

Sahabat Muslimah, mencuci wajah adalah wajib hukumnya bagi wanita. Pasalnya hal ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Setiap hari kulit kita akan terpapar debu, polusi, sinar matahari bahkan efek buruk dari sinar radiasi, terlebih jika kamu menggunakan make up sehari-hari.

Kotoran yang menempel pada wajah akan menyumbat pori-pori serta dapat menghasilkan sebum, yang tentu saja hal ini akan memicu masalah pada kulit kamu. Oleh karena itu, kamu wajib nih membersihkan wajah pagi dan malam hari. Agar kulit kamu bersih dan sehat.

2. Rutin menggunakan skincare

Memasuki usia 30-an justru membuat kamu harus lebih konsisten menggunakan skincare, lho Sahabat Muslimah. Terlebih pada produk skincare anti aging yang dapat menjaga keremajaan kulit. Jika perlu, pilihan produk skin care yang mengandung niacinamide, peptide serta retinol. Kandungan ini biasa ditemukan dalam serum maupun pelembap.

3. Menggunakan sunscreen

Seperti yang kita ketahui, bahwa dampak dari paparan sinar matahari bisa mengakibatkan munculnya noda hitam pada wajah. oleh karena itu, kamu wajib menggunakan sunscreen sebelum kamu beraktivitas keluar rumah, nih Sahabat Muslimah. Kandungan SPF pada sunscreen bisa melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB serta kotoran dan polusi.

4. Rutin menggunakan eye cream

Di usia 30 tahun, penggunaan eye cream sudah menjadi sebuah keharusan. Karena, kerutan di sekitar mata biasanya sudah mulai bermunculan. Untuk menyamarkan kerutan-kerutan di area tersebut, kamu disarankan untuk rajin menggunakan eye cream, nih.

Pilihlah eye cream yang mengandung niacinamide atau kandungan vitamin B3. Kandungan ini dapat membantu mencegah garis-garis halus serta meminimalisir lingkar hitam di area kulit kamu.

5. Rutin melakukan eksfoliasi kulit

Umumnya masalah kulit yang sering dihadapi wanita usia 30 tahun adalah kulit kusam. Hal ini disebabkan oleh sel-sel mati yang menumpuk pada permukaan kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih kusam. Oleh karena itu kamu perlu untuk melakukan eksfoliasi, disarankan untuk melakukannya dua kali dalam seminggu.

6. Menggunakan masker

Menggunakan masker merupakan salah satu perawatan tambahan yang perlu kamu lakukan. Seperti yang kita ketahui bahwa masker memiliki kandungan khusus untuk mengatasi masalah kulit. Oleh karena itu, gunakanlah masker minimal dua kali dalam seminggu. Selain itu pilihlah masker sesuai dengan jenis kulit kamu ya, agar kamu mendapatkan hasil yang optimal.

Itu dia perawatan kulit yang perlu kamu lakukan saat menginjak usia 30-an. Selain melakukan perawatan tadi kamu juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat, ya Sahabat Muslimah. Kamu juga perlu perhatikan kandungan skincare yang akan kamu gunakan, pilihlah skincare sesuai dengan jenis kulitmu. Selamat mencoba!

Leave a Comment