Mengenal Allantoin, Kandungan Skincare yang Baik Untuk Kulit Kering dan Sensitif

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, seiring berjalannya waktu, produk skincare kian berkembang. Dari hari ke hari, kemunculannya pun semakin beragam. Bahkan kebanyakan dari kita pasti sudah tak asing lagi dengan bahan produk skincare yang populer seperti Centella Asiatica, Retinol, Hyaluronic Acid, dan beberapa bahan lainya. Kali ini, kandungan yang menjadi pembicaraan adalah Allantoin. Untuk tahu lebih dalam, yuk simak ulasan berikut ini!

Allantoin adalah kandungan yang sering ditemukan pada produk skincare Korea. Kandungan ini dikenal mampu menenangkan kulit dan cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Aluminium Dhyroxy Allantoinate atau yang dikenal dengan Allantoin, merupakan senyawa yang ditemukan secara alami pada organisme seperti tanaman, hewan, dan mikroba. Walaupun, sebenarnya secara alami sudah terdapat pada tubuh kita. Kandungan juga bisa dihasilkan dari ekstraksi tanaman Comfey yang kini dikembangkan secara sintetis di lab.

Fungsi utama Allantoin adalah untuk menenangkan kulit, oleh karena itu kandungan ini sering digunakan pada rangkaian skincare khusus kulit eczema, psoriasis, keratosis pilaris hingga kulit yang terdapat luka ringan karena bersifat anti-inflamasi. Selain itu, Allantoin juga mempunyai sifat antioksidan yang tinggi, dan bisa bekerja sebagai bahan exfoliant, serta merangsang kolagen pada tubuh.

Tak hanya itu saja, Allantoin memiliki manfaat untuk hydrating sekaligus moisturizing atau melembapkan. Umumnya, kandungan exfoliating pada produk skincare akan membuat kulit menjadi kering. Namun, tidak untuk kandungan yang satu ini, Allantoin akan membantu kulit menjadi lebih terhidrasi dan lembap.

Produk dengan kandungan Allantoin juga dipercaya sangat optimal untuk memaksimalkan peremajaan kulit dengan mengatasi masalah penuaan dengan cara merangsang pertumbuhan kolagen, mengatasi kerutan dan garis halus serta menjadikan kompleksi kulit semakin cerah dan glowing.

Dengan segala khasiatnya, Allantoin biasanya dapat ditemukan pada produk mild exfoliator, moisturizer, hingga scar-healing cream. Secara umum kandungan ini minim iritasi, sehingga kandungan ini cukup aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Meski kandungan ini relatif aman, kamu tetap harus melakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakan produk dengan kandungan ini ya Sahabat Muslimah, karena ada kemungkinan juga kulit kita bisa mengalami reaksi terhadap Allantoin.

Sahabat Muslimah, itu tadi ulasan seputar kandungan Allantoin yang perlu kamu tahu nih. Gimana, apakah kamu tertarik mencoba produk dengan kandungan satu ini?

Leave a Comment