Wajib Tahu! Ini 5 Alasan Bekas Jerawat Susah Hilang

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, tak dipungkiri lagi bahwa munculnya jerawat memang cukup mengganggu dan membuat kita jadi tidak percaya diri. Tak berhenti dengan munculnya jerawat saja, biasanya jika jerawat sudah sembuh, kita masih harus dihadapkan dengan bekas jerawat yang susah hilang.

Bekas jerawat yang membandel akan membuat tampilan tekstur kulit dan warna kulit yang tidak merata. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu tahu nih Sahabat Muslimah apa saja sih penyebab bekas jerawat susah hilang. Untuk tahu lebih lanjut yuk simak ulasan berikut ini.

1. Sering Skip Penggunaan Sunscreen

Seperti yang kita tahu, kandungan SPF pada sunscreen berguna untuk menjaga kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Sunscreen juga punya peran penting dalam mengatasi noda jerawat atau PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation). Pasalnya, sinar matahari bisa memperparah penggelapan noda bekas jerawat yang menjadikan bekas jerawat menjadi susah hilang.

Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari merupakan salah satu pemicu utama produksi melanin di kulit. Terlebih, jika kamu menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, yang mengandung chemical exfoliants atau bahan aktif yang semakin membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

2. Over-exfoliating

Ekfoliasi merupakan rangkaian skincare yang paling tepat untuk menghilangkan bekas jerawat. Eksfolaisi terbagi menjadi chemical exfoliation atau physical exfoliation. Eksfoliasi dapat membantu membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati.

Namun, perlu kamu ketahui, nih Sahabat Muslimah, kalau kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi justru akan membuat skin barrier kamu menjadi rusak. Hal tersebut akan membuat kamu mengalami hiperpigmentasi yang disebabkan oleh inflamasi yang nantinya akan membuat bekas jerawat menjadi susah hilang.

3. Sering memencet jerawat

Sahabat Muslimah, siapa yang kerap kali gemas melihat jerawat yang tengah meradang? Melihat bintik jerawat yang meradang memicu keinginan kita untuk memencetnya hingga kempes. Namun kebiasaan memencet jerawat bisa membuat jerawat justru jadi makin membandel, lho. Hal ini disebabkan karena tangan yang kotor saat memencet jerawat akan membawa bakteri pada kulit wajahmu terutama di area yang berjerawat.

4. Lupa melakukan deep cleansing saat menggunakan make up

Untuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan serta bertemu dengan orang banyak, make up merupakan hal yang wajib kamu gunakan untuk menunjang penampilan. Namun perlu kamu perhatikan, nih Sahabat Muslimah, saat kamu menggunakan make up hal wajib yang tak boleh terlewatkan adalah deep cleansing atau double cleansing setelah menggunakan make up. Pasalnya residu make up yang menumpuk di kulit bisa membuat noda bekas jerawat semakin membandel.

5. Sering menyentuh wajah dengan tangan

Kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan adalah menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Padahal bakteri yang ada di tanganmu akan membuat noda bekas jerawat semakin membandel, hal ini dikarenakan tanganmu telah menyentuh banyak hal seharian, dan banyak pula bakteri yang menempel pada tanganmu. Oleh karena itu, kamu wajib mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Itu dia lima hal yang bisa membuat jerawat kamu jadi susah hilang. Nah, mulai saat ini hindari kebiasaan buruk ini, ya Sahabat Muslimah.

Leave a Comment