Ketahui Kepribadian dan Kesehatan Kamu dari 5 Posisi Tidur Ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, ­saat tertidur pasti kita tidak akan mengetahui bagaimana posisi badannya ketika tidur. Tubuh seseorang akan sangat menjelaskan bagaimana kepribadian dari orang tersebut. Karena saat tidur pun tubuh tetap berkomunikasi, lho.

Professor dan ahli kesehatan tidur Chris Idzikowski melakukan survey kepada lebih dari 1.000 orang dewasa di Inggris untuk mengungkapkan hubungan antara posisi tidur dengan kepribadian seseorang. Ia menggunakan hasil ini untuk menarik hubungan antara posisi tidur dengan ciri-ciri kepribadiannya.

1. Fetal.

Orang yang tidur dengan posisi badan meringkuk, seperti bayi yang berada di dalam rahim. Umumnya, tidur di salah satu sisi tubuh, kedua kaki menekuk dekat dengan perut. Kedua tangan menekuk di depan tubuh. Orang yang tidur dengan posisi ini memiliki kepribadian yang tampak tangguh di luar, tapi sebenarnya sensitif di dalamnya, juga pemalu.

2. Posisi log atau seperti balok kayu.

Posisi tubuh tipe log umumnya tidur dengan menumpu pada salah satu sisi tubuh, kaki dan tangan lurus, tidak tertekuk. Orang yang tidur dengan posisi ini memiliki kepribadian yang santai dan mudah bersosialisasi. Selain itu juga mudah percaya kepada orang asing. Namun sayangnya, orang yang tertidur dengan posisi ini kadang mudah tertipu oleh janji orang lain.

Selain itu, posisi tidur juga akan mengungkapkan kondisi kesehatan seseorang. Berikut posisi tidur yang mencerminkan kesehatan seseorang.

1. Tidur menyamping

Para ahli sering merekomendasikan tidur dengan posisi menyamping, pasalnya hal ini akan membantu meredakan dengkuran serta memperbaiki pencernaan.

Namun, jika kamu tidur dengan posisi miring ke kanan, kamu mungkin mengalami asam lambung yang memburuk atau gangguan pencernaan lainnya. Tidur miring akan membuat perut kamu tetap di bawah kerongkongan dan membuat asam lambung lebih sulit naik.

Tidur menyamping selama kehamilan sering dikaitkan dengan peningkatan kesehatan ibu dan janin. Posisi tidur ke kiri tidak hanya mengurangi heartburn, tetapi juga membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada rahim. Tidur menyamping juga dapat membantu meredakan nyeri punggung bawah dan meningkatkan kesejajaran tulang belakang.

2. Tidur tengkurap

Tidur dengan posisi ini tidak disarankan, karena posisi ini dapat menyebabkan sakit punggung dan leher. Jika kepala kamu selalu menghadap ke arah yang sama, kamu mungkin akan mulai merasakan leher yang kaku di siang hari kemudian.

3. Tidur telentang

Tidur dengan posisi telentang dapat membantu meredakan berbagai jenis nyeri sekaligus mengurangi tekanan pada tulang belakang dan meningkatkan kesejajaran tulang belakang.

Tidur telentang akan mendistribusikan berat badan secara merata, jadi tidak ada satu bagian tubuh pun yang mengalami tekanan lebih dari yang lain. Bagi banyak orang tidur dengan posisi ini akan membuat tidur lebih nyenyak.

Sahabat Muslimah, selain tidur dapat mengungkapkan kepribadian serta kesehatan. Para peneliti ini juga mengingatkan, seperti apa pun posisi tidur kamu. Yang terpenting adalah bahwa kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup dan nyenyak.

Last modified on Jumat, 26 Maret 2021 12:51

Leave a Comment