Jangan Lakukan Lagi! Ini 5 Kesalahan yang Bikin Jerawat Tambah Parah

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Penggunaan skincare saat ini emang menjadi bagian di keseharian hidup setiap orang. Terlebih lagi, bagi acne fighters. Mulai dari penggunaan produk skincare sederhana seperti face wash sampai ke tahap penggunaan skincare secara berlapis. Tapi, kok jerawatnya nambah terus, ya?

Ternyata, disadari atau enggak, kita sering melakukan kesalahan kecil yang justru menyebabkan jerawat kita semakin parah. Nah, biar enggak tambah parah, yuk simak rangkuman Muslimahdaily tentang kesalahan umum dalam menggunakan skincare berikut ini. 

1. Mencuci muka lebih dari 2x dalam sehari

Membersihkan kulit wajah dengan face wash merupakan cara utama dalam melawan dan mengatasi timbulnya jerawat. Namun sebaliknya, bila kamu terlalu sering mencuci muka malah berakibat buruk.

Dengan mencuci muka secara berlebihan, kulit muka akan sangat kering. Kesalahan ini menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan minyak yang berlebih dan akhirnya menimbulkan banyak jerawat. Tidak hanya itu saja, Sejal Shah, seorang Dermatologis Amerika dilansir dari Elle Magazine, mengatakan risiko terbesarnya minyak alami pada kulit akan hilang dan lapisan kulit akan rusak.

2. Tidak menggunakan moisturizer (pelembab)

Acne fighters biasanya diderita oleh orang yang bertipe kulit oily. Hal ini yang membuat mereka enggan untuk memakai moisturizer. Tetapi sebenarnya, mengoleskan moisturizer setelah mencuci muka tidak boleh dilewatkan, lho Sahabat Muslimah. Apalagi buat kamu yang rentan berjerawat.

Moisturizer dapat mengurangi sebum yang menumpuk pada pori-pori wajah, yang mana dapat mengatasi munculnya jerawat. Kamu hanya perlu menggunakan moisturizer yang tepat sesuai dengan kondisi wajah berjerawat. Catat, ya, moisturizer berlabel water-based, oil-free, dan non-comedogenic cocok digunakan untuk wajah berjerawat.

3. Eksfoliasi kulit berjerawat dengan face scrub

Sudah gak heran lagi kalau penderita jerawat setidaknya pernah mencoba treatment dengan cara eksfoliasi kulit menggunakan face scrub. Memang tak dapat dipungkiri, setelah mengeksfoliasi biasanya wajah berjerawat menjadi lebih halus dan tidak bertekstur. Namun ternyata, cara eksfoliasi tersebut justru bisa memperburuk keadaan, lho.

Tau enggak, sih? Mengeksfoliasi kulit dengan face scrub bisa mengiritasi kulit yang meradang tentunya dapat semakin memperparah redness dan munculnya jerawat. Tuhkan, harapannya bisa sembuh ternyata malah jadi kambuh.

Tenang sahabat, kamu masih bisa mengeksfoliasi kulit dengan menggunakan skincare yang berbahan AHA dan BHA. Insya Allah, aman buat merawat kulit berjerawat kamu.

4. Tidak sabar dalam menggunakan produk baru

Kamu baru saja menggunakan produk beberapa hari, kemudian merasa belum kelihatan perubahannya dan langsung ganti skincare yang lain, Apakah sahabat Muslimah sering seperti itu? Yap! kebanyakan orang yang berjerawat menggunakan skincare terlalu cepat dan tidak sabar. Padahal, kunci dari kesembuhan jerawat itu sabar dan konsisten.

Dilansir dalam laman Associated Dermatologist, kulit kita membutuhkan kurang lebih 8 – 12 minggu untuk menandakan bahwa adanya perubahan setelah pemakaian skincare. Nah, jika kamu udah mulai nyerah setelah beberapa hari atau minggu setelah pemakaian, sebenarnya kamu belum mengetahui jelas skincare yang digunakan berhasil atau tidak.

Ketika kamu mencoba skincare baru setidaknya kamu menggunakannya selama 2 bulan. Supaya kamu tahu apakah hasilnya efektif atau tidak di kulit wajah kamu.

5. Terlalu banyak menggunakan produk dalam sekali pemakaian

Menggunakan produk skincare terlalu banyak kemungkinan akan membuat iritasi dan membuat jerawat tumbuh lebih banyak lagi. Apabila kamu sudah menggunakan pembersih jerawat, tidak perlu lagi menggunakan obat totol dan lain-lain. Cukup gunakan satu produk skincare saja, ya.

Itu dia beberapa kesalahan yang bisa memperparah jerawat. So, jangan dilakukan lagi, ya sahabat Muslimah! 

Berikut ini ada 5 kesalahan umum dalam menggunakan skincare yang sebenarnya bisa membuat jerawat di wajahmu semakin parah.

 

Last modified on Selasa, 30 Maret 2021 16:52

Leave a Comment